Jumat, 03 Apr 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Rp 8 Miliar untuk Kelanjutan Taman Nyawiji

Realisasi Fisik Ditarget Selesai Juni 2020

24 Desember 2019, 15: 17: 44 WIB | editor : Adi Nugroho

Taman

TAHAP AWAL: Sejumlah pekerja mengebut pembangunan Taman Nyawiji. Taman yang digadang-gadang jadi ikon Kabupaten Nganjuk itu akan dilanjutkan pengerjaannya tahun depan dengan anggaran Rp 8 miliar. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Pembangunan Taman Nyawiji dipastikan akan berlanjut tahun depan. Pasalnya, dinas lingkungan hidup (LH) sudah menganggarkan pembangunan lanjutan taman dengan dana Rp 8 miliar.

Kepala Dinas LH Nganjuk Tri Wahju Koentjoro mengungkapkan, sebenarnya penyelesaian taman membutuhkan dana Rp 11 miliar, tetapi dalam pembahasan anggaran hanya disepakati Rp 8 miliar. “Nanti kami akan melakukan efisiensi agar dana itu mencukupi,” ujar Tri.

Efisiensi yang dilakukan dinas LH, lanjut Tri, tidak akan berdampak pada perubahan desain taman. Melainkan, mereka berusaha menghemat dalam proses pekerjaan. Dia mencontohkan, jika awalnya ukuran diangkat menggunakan kendaraan yang membutuhkan biaya tinggi, nantinya akan dipadatkan.

Selebihnya, desain taman akan sesuai dengan detail engineering design (DED) yang selesai dikerjakan Desember ini. “DED sudah selesai. Tinggal menyelesaikan pembuatan taman,” lanjutnya. 

Seperti sebelumnya, Tri menegaskan Taman Nyawiji akan mengakomodir banyak kalangan. Dia berupaya agar para lansia, anak-anak hingga penyandang disabilitas bisa menikmati keberadaan taman di jantung Kota Nganjuk itu.

Karenanya, sarana dan prasarana di taman juga akan mengakomodir semua kalangan. Misalnya, toilet untuk disabilitas juga disiapkan di sana. “Untuk tunanetra nanti juga ada taman dengan huruf braile,” terangnya.

Sementara itu, desain Taman Nyawiji telah dilombakan. Tri menjelaskan, dinas LH berusaha mengakomodir desain dari tiga pemenang untuk digabung dengan konsep dari Pemkab Nganjuk.

Dia pun memastikan Taman Nyawiji akan berbeda dengan taman lain yang sudah ada di Kota Angin. “Bisa untuk olahraga, sekaligus juga Instagrammable,” tandasnya.

Seperti diberitakan, Taman Nyawiji digarap mulai tahun ini. Pemkab Nganjuk menganggarkan dana Rp 3,4 miliar untuk pembangunan taman di bekas lahan Pasar Wage itu. Dari jumlah tersebut, setelah dilelang dana yang terserap Rp 2,9 miliar.

Pantauan koran ini, hingga kemarin sejumlah pekerja masih terus menggarap taman di Jl Ahmad Yani, Kota Nganjuk itu. Sejumlah pekerja menggarap bagian pinggir taman. Selebihnya, menyelesaikan beberapa item taman yang belum selesai.

Ditanya tentang detail taman di tahap pertama, Tri menjelaskan, air mancur di taman sudah selesai digarap. Demikian pula bergola atau semacam terowongan kayu di taman. “Nanti ada permainan anak. Jadi lengkap, bisa untuk sarana rekreasi gratis,” tegasnya.

Apakah taman akan dibuka akhir tahun ini? Ditanya demikian Tri berujar, area taman akan tetap ditutup hingga penggarapan taman tahap II selesai. Sesuai rencana, taman diperkirakan bisa tuntas dikerjakan pada Juni nanti. “Rencananya Juni selesai. Kepastiannya masih menunggu PPKom,” urainya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia