Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Show Case

Wagub Emil Akui Uniska Kampus Kebanggaan Jatim

Menkopolhukam Mahfud MD Beri Kuliah Umum

23 Desember 2019, 12: 55: 17 WIB | editor : Adi Nugroho

PENGAKUAN: Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menerima cenderamata dari Rektor Uniska Prof Dr Ali Maschan Moesa dalam wisuda di GOR Jayabaya, Sabtu (21/12)

PENGAKUAN: Wagub Jatim Emil Elestianto Dardak menerima cenderamata dari Rektor Uniska Prof Dr Ali Maschan Moesa dalam wisuda di GOR Jayabaya, Sabtu (21/12) (MASHADI-JP Radar Kediri)

Share this          

KEDIRI KOTA, JP Radar Kediri- Wisuda sarjana Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri di Gelanggang Olahraga (GOR) Jayabaya, Sabtu (21/12) lalu, terasa berbeda. Sebab, tidak main-main, yang menyampaikan studium generale dalam wisuda S1 ke-XXXIV dan pascasarjana ke-XXV itu adalah mantan rektor Uniska yang kini menjabat Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof Dr Mahfud MD.

Hadir pula sejumlah tokoh lain. Di antaranya Wakil Gubernur Jatim Dr Emil Elestianto Dardak MSc, LLDikti Wilayah VII Jatim Prof Dr Ir Soeprapto, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar SE, serta Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno MSi.

Rektor Uniska Prof Dr Ali Maschan Moesa mengatakan, wisuda periode kedua ini diikuti ratusan wisudawan. Dari program S2 terdiri dari 40 wisudawan program magister manajemen, 9 wisudawan magister agribisnis, serta 13 wisudawan magister hukum.

Sedangkan program S1 terdiri dari 50 wisudawan FKIP, 86 wisudawan fakultas hukum, 69 wisudawan fakultas pertanian, 26 wisudawan fakultas teknik, serta 119 wisudawan fakultas ekonomi. "Total yang kami wisuda hari ini 750 wisudawan," kata mantan ketua PW NU Jawa Timur ini.

Dari program magister manajemen, Syahrul Munir terpilih sebagai wisudawan terbaik dengan IPK 3,83. Lalu, prodi magister agribisnis terpilih Rini Purwiyati dengan IPK 3,93 dan prodi magister hukum Chintya Dwi Prasetyorini dengan IPK 3,93.

Adapun untuk S1 prodi bahasa Inggris diraih Dani Azmi Imada dengan IPK 3,83. Selanjutnya, prodi ilmu hukum Edi Suwarno dengan IPK 3,97, prodi agroteknologi Laili Dwi Putriani dengan IPK 3,86, prodi peternakan Selva Pangestu dengan IPK 3,79, prodi teknik elektro Tomi Sugiarto dengan IPK 3,64, prodi akuntansi Melinda Eneftin dengan IPK 3,78, dan prodi manajemen M. Indre Wanof dengan IPK 3,93.

Atas nama Civitas Akademika Uniska, Prof Ali ikut mengucapkan selamat atas keberhasilan seluruh wisudawan yang menyelesaikan studinya dengan baik. Menurut dia, hal itu bukan akhir bagi mahasiswa untuk belajar. Melainkan, jembatan untuk berkembang menjadi lebih baik. "Tantangan bagi mahasiswa lebih besar dan Anda memiliki kebebasan memilih. Kuncinya kesabaran dan keuletan untuk menuju kesuksesan," pesannya.

Ucapan selamat turut disampaikan Ketua Umum Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP) KH Anwar Iskandar (Gus War) berikut pesan kepada seluruh wisudawan dan wisudawati. “Gunakan akal yang optimal untuk eksplorasi ilmu pengetahuan. Supaya bisa memiliki ilmu yang bermanfaat untuk kehidupan,” pesannya.

Sementara, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak menyatakan bahwa Uniska Kediri menjadi kampus kebanggaan Jawa Timur. Saat memberi sambutan, ia menyatakan, masa depan sarjana tidak dibatasi pada ijazah. Kompleksitas persoalan dalam kehidupan membutuhkan keterbukaan mereka pada pengetahuan dan hal-hal baru yang terus berkembang.

Apalagi, lanjut dia, sebentar lagi di Kediri ada bandara. Proyek strategis nasional Selingkar Wilis juga akan direalisasikan. Karena itu, mereka harus mau untuk terus belajar. "Semoga kiprah kalian semua semakin nyata dalam membangun bangsa," harapnya.

Sementara, dalam studium generale-nya, Prof Mahfud MD menyampaikan bahwa ilmu pengetahuan berkembang pesat di era industri 4.0 ini. Untuk itu, bagi Uniska, ada dua poin utama yang perlu diperhatikan. Yaitu, penguatan kelembagaan dan pengembangan ilmu pengetahuan. " Tanpa itu, Anda akan tertinggal," ucap rektor kelima Uniska tersebut. (ik1)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia