Rabu, 01 Apr 2020
radarkediri
Home > Events
icon featured
Events

Wisatawan Antusias Ikuti Test Tour Wisata

23 Desember 2019, 09: 36: 45 WIB | editor : Adi Nugroho

Ev

DAYA TARIK BARU: Sejumlah tamu undangan berfoto bersama di usai belajar tari tradisional di Desa Bareng, Sawahan. (Disparporabud Nganjuk for radarkediri.id)

Share this          

SAWAHAN, JP Radar Nganjuk-Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk memprakarsai pendampingan desa wisata untuk memperkuat Selingkar Wilis. Caranya dengan menggelar test tour wisata di Desa Bareng, Sawahan selama dua hari. Tepatnya Sabtu (21/12) lalu hingga kemarin.

Ada berbagai acara mengisi rangkaian test tour. Mulai sarasehan, menikmati matahari terbit, hingga menyaksikan kegiatan masyarakat desa. Seperti penyulingan daun cengkeh, membuat aneka keripik, membuat jamu tradisional, hingga bermain permainan dan tarian tradisional. Para tamu undangan diajak mengunjungi air terjun Singokromo dan budidaya anggrek. Bahkan pata tamu juga diajak menginap di homestay milik warga dan menikmati kuliner khas setempat.

Mewakili Kepala Disparporabud Nganjuk Supiyanto, Mamik Suparmi selaku Kabid Obyek dan Daya Tarik Pariwisata (ODTP) Disparporabud Nganjuk mengatakan, kegiatan tersebut merupakan langkah mendorong desa memaksimalkan potensi dengan mewujudkan desa wisata yang bukan sekadar seremonial. Melainkan berkearifan lokal serta berkelajutan.

Ev

SEJUK: Para wisatawan berfoto usai menikmati matahari terbit di Desa Bareng, Sawahan (Disparporabud Nganjuk for radarkediri.id)

Dengan test tour itu, diharapkan masyarakat semakin sadar akan potensi desanya. Apalagi, Desa Bareng berada di Kecamatan Sawahan. Artinya, ke depan akan ikut menyokong proyek Selingkar Wilis. “Serta akan menjadi obyek wisata pilihan selain Sedudo. Desa Bareng siap menyambut Selingkar Wilis,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada test tour itu, disparporabud mengundang berbagai pihak untuk mengikuti acara dan sebagai narasumber pada sarasehan. Misalnya, Dr. Vitria Ariani selaku Ketua Tim Percepatan Pembangunan Wisata Perdesaan dan Perkotaan Kementerian Pariwisata RI.  Hadir pula Sai’in, MME selaku Kasi Destinasi Wisata Disbudpar Jatim.

Pada kesempatan itu, disparporabud juga mengundang berbagai tamu undangan. Mulai DPD Himpunan Pariwisata Indonesia (HPI) Jatim, komunitas blogger dan vlogger, perwakilan BI Cabang Kediri, OPD, serta Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jatim dan Desa Wisata Institute Yogyakarta.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia