Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Siapkan Ratusan Personel untuk Lakukan Pengamanan

20 Desember 2019, 11: 52: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

Bus

CEK PENUMPANG: Kapolres AKBP Handono Subiakto menyapa penumpang bus di Terminal Anjuk Ladang Nganjuk, Selasa (17/12). (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Polres Nganjuk tak ingin kecolongan dalam perayaan Natal dan tahun baru (Nataru). Mereka menyiapkan ratusan personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah lokasi.

Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto mengatakan, pihaknya akan menggelar apel pasukan di Mapolres Nganjuk, pagi ini. “Untuk personel gabungan totalnya ada 555 personel,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Personel, lanjut Handono, terdiri dari berbagai unsur. Mulai polisi, TNI, satpol PP, dishub, linmas, dan unsur lainnya. Mereka akan ditempatkan di beberapa titik yang dianggap rawan. Termasuk lokasi yang rawan macet.

“Untuk pos pengamanan kami sebar di empat titik. Ditambah, satu pos pelayanan di alun-alun Nganjuk,” tutur Handono sembari menyebut pos pengamanan ada di perempatan Kertosono, exit tol Begadung, dan Jl Diponegoro, Kota Nganjuk.

Rencananya, operasi Lilin Semeru 2019 serentak dilaksanakan selama 10 hari. Yakni pada 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020. Hanya saja, Kasatlantas Polres Nganjuk AKP Hegy Renanta memiliki pertimbangan berbeda.

Menurut Hegy, peningkatan lalu lintas kendaraan akan mulai terasa sejak Jumat (20/12) besok alias di akhir pekan. Karenanya, dia meminta anggotanya mulai waspada sejak awal. “Kami minta anggota untuk siap siaga. Jangan sampai kecolongan momen,” pesannya.

Hegy menjelaskan, pihaknya sudah memetakan jalur Nataru di Kota Angin. Dengan adanya jalur tol, kepadatan di jalur arteri dapat berkurang sekitar 40 persen.

Khusus di ruas tol, satlantas memperhatikan titik rawan kecelakaan di KM 640 dan 644. Lokasinya tidak jauh dari exit tol Begadung, Nganjuk. “Sekarang justru perlu diwaspadai pengendara di jalur tol. Jaga kecepatannya, jangan terlena,” tegas Hegy.

Untuk jalur arteri, kepadatan tetap diprediksi akan terasa di pintu masuk Nganjuk sisi timur. Yaitu di traffic light Kertosono. Hal itu tidak lepas dari efek pertigaan Mengkreng. “Namun, kami memperkirakan kepadatan Nataru ini akan begitu terasa dibandingkan saat Lebaran,” beber perwira dengan pangkat tiga balok di pundak itu.

Sebelumnya, pihak Polres Nganjuk juga telah melakukan serangkaian kegiatan untuk menyambut Nataru. Salah satunya tes urine terhadap puluhan sopir dan kernet bus. Di saat yang sama mereka memeriksa barang bawaan penumpang bus di Terminal Anjuk Ladang Nganjuk, Selasa (17/12) lalu.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia