Jumat, 17 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik
Seleksi CPNS, Ada Waktu Sanggah 3 Hari

Di Kabupaten Kediri, Lebih 2.500 Pelamar Tidak Penuhi Syarat

16 Desember 2019, 13: 18: 51 WIB | editor : Adi Nugroho

cpns

CARI MASA DEPAN: Para pelamar CPNS saat mengikuti ujian untuk seleksi penerimaan di kompleks SLG Kediri 2018 lalu. (radar kediri)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Hasil seleksi administrasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 di Pemkab Kediri diumumkan hari ini (Senin, 16/12). Jika ada yang tidak lolos karena kesalahan sistem, tidak perlu khawatir. Sebab, ada kesempatan waktu sanggah atas kesalahan tersebut.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri Mohamad Solikin menyampaikan, pengumuman rencananya dilakukan siang ini. Prosesnya serentak oleh seluruh instansi yang ada di Jawa Timur.

“Pengumuman nanti bisa diakses secara online, bisa dilihat di website Pemerintah Kabupaten Kediri dan BKD,” terangnya saat dihubungi Jawa Pos Radar Kediri.

Untuk seleksi administrasi, Solikin menyebut, hampir 30 persen peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Dari sekitar delapan ribu pelamar, artinya ada lebih 2.500 orang yang TMS.

Rata-rata karena tidak bisa melengkapi berkas yang disyaratkan. Baik itu bukti akreditasi maupun ijazah. Selain itu, kelengkapan yang diunggah seperti lamaran dan surat pernyataan masih ada yang salah.

Meski demikian, jika ada yang merasa sudah benar namun dinyatakan TMS akibat kesalahan sistem, Solikin menegaskan, masih ada waktu sanggah. Totalnya tiga hari. “Waktu sanggah tiga hari itu terhitung setelah pengumuman,” tegasnya.

Solikin menjelaskan, masa sanggah adalah waktu pengajuan sanggah yang diberikan kepada pelamar. Itu untuk mereka yang keberatan terhadap hasil pengumuman seleksi administrasi.

Waktu pengajuan sanggah, lanjut Solikin, diberikan pada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi melalui akun SSCN pelamar. “Sementara waktu tanggapan sanggah, dilakukan instansi untuk melakukan verifikasi kembali kesesuaian persyaratan. Panitia ada waktu tujuh hari untuk menanggapi sanggahan itu,” lanjutnya.

Meski demikian, Solikin menyatakan, instansi dapat menerima atau menolak alasan sanggahan yang diajukan oleh pelamar. “Instansi dapat menerima alasan sanggahan dalam hal kesalahan tersebut bukan berasal dari pelamar,” imbuhnya.

Dan yang perlu dicatat, masa sanggah tidak memberikan kesempatan pada pelamar untuk mengunggah ulang dokumen apabila ada kekeliruan atau kekuranganlengkapan dokumen yang dipersyaratkan.

(rk/die/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia