Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Kediri Lagi Horti Expo: Anggrek Silangan Papua Jutaan Rupiah

Hari Ini Bagi Jus Gratis, Besok Bagi Bibit

14 Desember 2019, 13: 31: 14 WIB | editor : Adi Nugroho

anggrek

CAISAR WHITE: Kepala Dispertabun Anang Widodo berada di antara Anggrek Dendrodium Caisar White dan Stratiotes. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN , JP Radar Kediri – Anda pecinta Anggrek? Penasaran dengan anggrek khas Kediri? Atau anggrek persilangan Papua yang unik? Semua bisa Anda dapatkan di Kediri Lagi Horti Expo.

Dibuka mulai kemarin (13/12), Kediri Lagi Horti Expo akan berlangsung hingga Minggu (15/12). Bertempat di Terminal Simpang Lima Gumul, menghadirkan banyak pilihan anggrek.

Di antaranya adaah Anggrek Unik Kraikan Sirirungsi yang merupakan silangan dari dendrobium lasiantera asal papua dengan Nathan. “Harga dibanderol sampai Rp 6,5 juta,” ungkap Tri, salah satu panitia.

Tak hanya silangan dari luar, juga dipamerkan anggrek asli Kediri. Seperti anggrek Tri Colour yang tumbuh di lereng Desa Medowo, Kecamatan Kandangan. “Sebagian besar anggrek-anggrek ini lebih banyak dikembangkan di Kediri,” terangnya.

Acara kemarin dibuka sekitar pukul 09.00 oleh Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri Anang Widodo. Terlihat hadir sejumlah anggota kelompok pembudidaya tanaman anggrek dan aglaonema. Juga ada tanaman bonsai hingga produk buah.

“Sebenarnya event ini dilakukan dua kali dalam satu tahu, event pertama dilakukan pada bulan April,” ujar Anang Widodo. Acara ini bertujuan melatih kembali dan mengupdate keterampilan inovasi selama setahun. Karena itu, nanti Minggu akan dilaksanakan kontes Anggrek yang menghadirkan juri tingkat nasional. Anggrek langka dan unik akan diadu untuk mencari yang terbaik.

Bagi para pembibit pemula, Anang tak perlu khawatir. Sebab, di Kediri Lagi Expo juga bisa menjadi ajang belajar bagi para pembibit. Apalagi, di tempat ini juga dijual bibit dari harga Rp 20 ribu hingga yang sudah berbunga dendrobium Rp 50 ribu.

“Potensi di Kediri luar biasa, ini yang kami manfaatkan,” tegasnya. Menurutnya, memajukan Horti di Kediri membutuhkan kerja sama semua kalangan. Baik pembibit, komunitas maupun masyarakat untuk ikut promosi.

Tak hanya anggrek, Kediri Lagi Horti Expo akan menggelar pembagian 1000 cup jus gratis hari ini mulai pukul 14.00. Selanjutnya pada Minggu (15/12) dibagikan bibit gratis dan jus gratis mulai pukul 09.00.

Agenda Kegiatan

Jumat (13/12)  Pameran Produk Buah dan Tanaman Hias

Sabtu (14/12)  Pelatihan Penangkaran Bibit Buah, Bagi Jus Gratis

Minggu (15/12) Pelatihan Budidaya Tanaman Hias, bagi bibit gratis, senam aerobik.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia