Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Gotong-royong Bersihkan Sisa Batang Pohon Ambruk

11 Desember 2019, 13: 40: 42 WIB | editor : Adi Nugroho

pangkas pohon

ANTISIPASI: Petugas DLHKP memangkas dahan pohon di tempat itu untuk mengantisipasi terulangnya kejadian serupa. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - Hingga kemarin (10/12), masih terlihat dahan dan batang pohon berserakan di lokasi taman wisata Sumberjiput, Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kota Kediri. Meskipun upaya pembersihan terus dilakukan. Termasuk dua kendaraan berat yang digunakan untuk memindah potongan batang pohon berukuran besar itu.

Upaya pembersihan dilakukan secara maksimal. Tak hanya petugas dari Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) saja. Tapi juga satpol PP, TNI, Polri, hingga masyarakat. Termasuk para santri dari ponpes yang ada di dekat lokasi ikut membantu proses pembersihan reruntuhan yang diakibatkan bencana angin kencang itu.

“Terus proses pembersihan,” terang Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar saat ditemui di lokasi.

Pria yang akrab disapa Mas Abu menjelaskan bahwa proses tersebut sudah dilakukan DLHKP sejak Senin (9/12) sore. Setelah ada laporan pohon ambruk.

Hingga pukul 10.00 WIB kemarin, petugas mengerahkan mobil LPJU untuk membantu petugas DLHKP meraih batang dan dahan pohon yang tersangkut di dahan pohon besar lainnya.

Babinsa Rejomulyo Serda Dwi Cahyo menjelaskan bahwa sekitar pukul 07.30 WIB kemarin petugas sudah mulai melakukan pembersihan. Pembersihan hampir selesai sore hari. Sekitar pukul 16.30 WIB upaya pembersihan dihentikan sementara. Rencananya akan kembali berlangsung pagi ini (11/12). “Rencana besok (hari ini, Red) lagi. Saat ini sebenarnya sudah bersih tapi belum 100 persen,” ujar Dwi.

Untuk diketahui, pada hari Senin (10/12) siang, wilayah Kota Kediri diterjang angin kencang sesaat dengan hujan lebat. Puluhan pohon bertumbangan. Termasuk di Sumberjiput. Bahkan, di lokasi ini satu orang jadi korban tewas karena tertimpa pohon.

Sementara itu, upaya pembersihan juga berlangsung di Terminal Tamanan. Di tempat ini satu pohon tumbang. Tercerabut hingga akarnya. Pembersihan pohon dilakukan petugas DLHKP dibantu oleh beberapa pekerja lepas.

Pohon yang tumbang itu adalah jenis keduh atau trembesi. Sama seperti pohon tumbang yang berada di beberapa lokasi, tumbangnya pohon tersebut ketika hujan disertai angin kencang menerjang Kota Kediri kemarin lusa.

Pohon yang tumbang di Terminal Tamanan itu batangnya berukuran besar. Berdiameter 40 sentimeter. Beruntung ketika pohon tersebut tumbang, tidak ada kendaraan yang ada di bawahnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia