Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Events
Pemenang di Germas Award 2019 (3)

Awali Pagi dengan Senam, Kerja pun Semangat

09 Desember 2019, 17: 51: 17 WIB | editor : Adi Nugroho

germas award 2019

SEHAT BERSAMA: Pegawai Kelurahan Ringinanom bersama pegawai puskesmas dan Bhabinkamtibmas senam bersama. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

Program Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) di kantor kelurahan ini sangatlah lengkap. Selain senam bersama sebelum kerja, ada juga kelompok futsal dan voli. Tak hanya itu, mereka menyediakan dispenser demi mengurangi sampah plastik.

HABIBAH A. MUKTIARA, Kota, JP Radar Kediri

“Nona manis putarlah ke kanan, ke kanan ke kanan, ke kanan dan ke kanan, ke kanan ke kanan ke kanan manise”. Begitu memasuki gang Kelurahan Ringinanom, Kecamatan Kota Kediri terdengar suara lagu Maumure. Suara lagu itu berasal dari kantor kelurahan.

Germas Award 2019

JUARA: Lurah David Hendra terima hadiah dari Kepala Dinkes Fauzan Adima. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Jumat pagi (7/12), seluruh pegawai kelurahan di sana sedang melakukan senam bersama. Gerakan mereka terlihat begitu kompak. Mengikuti Yeni Damayanti, pegawai bagian administrasi Kelurahan Ringinanom. Dia tidak hanya memberikan instruksi pada belasan pegawai.

Namun juga warga sekitar dan petugas Bhabinkamtibmas yang ikut memeriahkan senam. “Dalam satu minggu, senam dilakukan sebanyak dua kali,” terang Lurah Ringinanom David Hendra ketika ditemui wartawan koran ini.

Kegiatan senam tersebut merupakan salah satu program Germas yang diadakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri. Dengan adanya program senam bersama yang dijadwalkan setiap hari Selasa dan Jumat, tidak hanya dapat membuat sehat. Namun juga menambah semangat kerja dan kinerja pegawai.

“Karena setelah senam dirasa sangat enak untuk tubuh dan kerja menjadi lebih semangat,” papar David.

Dengan hal tersebut, tidak hanya menjadi sehat. Untuk output kinerja pun semakin lancar dan menjadi lebih baik. Di mana dengan badan yang sehat juga terdapat jiwa yang kuat.

Untuk kegiatan senam, hal tersebut mulai aktif dilakukan pada Juli 2019. Kagiatan tersebut diadopsi dari kegiatan senam yang dilakukan oleh ibu-ibu yang telah berlangsung sekitar tiga tahun.

Sebagai orang paling penting di Kelurahan Ringinanom, David tidak menyangka akan mendapatkan juara pertama. Karena ia menduga hanya akan masuk dalam tiga besar dalam program Germas.

Di kelurahan tersebut, tidak hanya terdapat kegiatan senam bersama. Mereka sering melakukan olahraga lain, seperti futsal dan voli. Bahkan tidak hanya aktivitas fisik, namun juga terdapat progam lain.

Program tersebut adalah mendorong pegawai untuk mengonsumsi makanan sehat. Para pegawai kelurahan pun tidak menggunakan kemasan plastik. Pun pada minumannya. Mereka membawa gelas atau tempat minum sendiri berbahan non-plastik. Di kantor telah tersedia dispenser. “Untuk air minum, kami telah menyediakan galon,” terang David.

Program lainnya, lanjutnya, diadakan penanaman tanaman organik secara hidroponik. Juga sosialisasi cara memasak yang higienis dan berkualitas. Ini agar dapat mendorong anggota kelurahan mengonsumsi makanan sehat.

David menamakan programnya dengan Vario. Di mana Vario memiliki arti variatif dan organik. Sehingga tidak hanya pegawai kelurahan ketika membawa bekal. Namun warga pun dianjurkan untuk mengonsumsi menu yang variatif dan berbahan organik. “Sayur dan buah harus ada,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, menurut David, di kantor kelurahan juga terdapat peraturan bebas asap rokok. Di mana didalam ruangan tidak diizinkan untuk merokok. Dengan hal tersebut, bagi yang ingin merokok disediakan ruangan khusus, smoking area.

Selain itu, setiap bulan kelurahan bekerjasama dengan pihak Puskesmas Singonegaran. Mereka melakukan cek kolesterol, kadar gula darah, dan asam urat. Dengan pengecekan tersebut, pegawai dapat mengetahui kondisi kesehatannya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia