Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Features

Adi Brata, Pecinta Matematika, Peraih Satya Yasa Cundamani

Bekal World International Matemathic Olimpiad

04 Desember 2019, 10: 50: 36 WIB | editor : Adi Nugroho

BANGGA: Adi Brata (kanan) mendapat pengalungan medali Satya Yasa Cundamani dari Wali Kota Abdullah Abu Bakar.

BANGGA: Adi Brata (kanan) mendapat pengalungan medali Satya Yasa Cundamani dari Wali Kota Abdullah Abu Bakar. (DWI ANGGARA ADITYA FOR JP RADAR KEDIRI)

Share this          

Kepandaiannya dalam matematika tak bisa diragukan. Lima belas gelar sudah di genggaman. Baik dari ajang nasional maupun internasional. Pemkot Kediri pun menganugerahinya Satya Yasa Cundamani, penghargaan sebagai warga berprestasi.

Pasangan Dwi Anggara Aditya – Gandes Putri Aslini ceria di Minggu pagi kemarin (1/12). Rona bahagia tergurat di wajah pasutri tersebut. Penyebabnya adalah penghargaan yang baru saja diterima anak mereka, M. Adi Brata Tata Negoro Saputra. Beberapa malam sebelumnya, sang anak baru saja dianugerahi penghargaan Satya Yasa Cundamani oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Atas prestasinya selama ini yang membawa nama harum Kota Kediri. Baik di kancah nasional maupun internasional.

“Alhamdulillah, ini adalah sebuah kehormataan untuk keluarga kami,” ucap Aan, panggilan Dwi anggara.

Keluarga ini memang tinggal di wilayah Kabupaten Kediri. Namun, Adi Brata selama ini berlomba selalu mewakili sekolahnya, MTs Negeri 2 Kota Kediri. Audisi untuk peraih penghargaan itu juga berawal dari pemberitahuan pihak sekolah. Yang memberi tahu akan ada seleksi untuk penerima penghargaan Satya Yasa Cundamani.

“Kami langsung siapkan semuanya. Termasuk piagam-piagam yang diterima Adi selama ini,” cerita Aan. Berbagai penghargaan yang disiapkan itu sejak September 2018 hingga September tahun ini.

Sang ibu, Gandes, punya pandangan khusus pada anaknya ini. Tak sekadar pandai matematika. Namun bisa disebut multitalenta. Adi juga punya suara bagus, pandai melukis, dan fasih pula berbahasa Inggris. Tentu yang paling membanggakan adalah kepandaiannya di bidang matematika. Dan itu sudah dibuktikan dengan sederet prestasi internasional oleh kakak dari M. Jibril Uwais Al Qorni itu.

“Yang paling terbaru adalah juara di ajang Internasional teenager Mathematic Olympiad (ITMO) di Lucknor India, 13-19 Oktober lalu,” sambung Adi, yang duduk di samping kedua orang tuanya.

Gandes menjelaskan, sejak kecil Adi sudah terlihat bakatnya di matematika. Dia dan suaminya pun berusaha mengarahkan sejak kecil. Agar lebih fokus mendalami matematika.

Soal penghargaan dari pemkot itu, Gandes mengaku sudah yakin anaknya bisa mendapatkan. Itu tak terlepas dari rekam jejak prestasi Adi selama ini. Adi pun juga merasakan demikian. “Iya optimistis dengan berbagai prestasi yang saya raih dapat meraih penghargaan ini (Satya Yasa Cundamani 2019, Red),” jelas Adi.

Malam penganugerahan Satya Yasa Cundamani 2019 berlangsung di Insumo Convention Center Rabu malam (27/11). Ada 68 peraih medali Satya Yasa Cundamani 2019 tahun ini. Lebih sedikit bila dibandingkan tahun lalu yang mencapai 100 peraih medali. Karena itu seleksinya lebih ketat. Harus melalui beberapa tahapan.

Dari MTsN 2 Kota Kediri tak hanya Adi Brata yang mendapatkan Satya Yasa Cundamani tahun ini. “Ada empat siswa MTsN 2 Kota Kediri yang meraih. Anak kami salah satunya,” tambah Aan.

Penghargaan itu bakal menjadi semangat tambahan bagi Adi untuk meraih prestasi di tingkat yang lebih tinggi. Yang akan datang Adi akan mengikuti ajang kompetisi matematika di World Internasional Mathematic Olympiad (WIMO). Event itu akan berlangsung di Negeri Sakura, di Kota Tokyo, Jepang. Berlaganya Adi ke Jepang itu setelah dia meraih result gold di kompetisi Thailand International Mathematic Olimpyad (TIMO) beberapa waktu yang lalu. “Insya Allah Adi akan berangkat Desember mendatang. Jadi kami mohon doa restunya,” ungkap Ayah yang murah senyum itu.

Keluarga Aan sangat mengapresi penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Kediri. Menurut Aan penghargaan ini dapat memotivasi setiap warga Kediri meriah prestasi. Baik di tingkat nasional maupun internasioal. Tak lupa dia mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Abu. “Semoga dapat lebih memotivasi Adi,” harap Aan.

Keberhasilan Adi mendapatkan penghargaan itu juga mengundang respon dari berbagai daerah. Seperti yang diungkapkan oleh sang ibu. “Banyak yang bilang, penghargaan ini   bukti kepedulian pemerintah kepada Insan beprestasi,” jelas Gandes.  Dia berharap secara khusus akan banyak daerah yang mengadakan penghargaan yang sejenisnya. (BAGUS ROMADHON, Kota, JP Radar Kediri)

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia