Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Events
RT-RT yang Berjaya di Prodamas Award 2019 (6)

Membuat Kue pun Semakin Mudah dan Cepat

03 Desember 2019, 16: 44: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

KOMPAK: Warga anggota Kube Dapur Gayan 20 bahu-membahu membuat pesanan kue.

KOMPAK: Warga anggota Kube Dapur Gayan 20 bahu-membahu membuat pesanan kue. (MOCH. DIDIN SAPUTRO - JP RADAR KEDIRI)

Share this          

Kekompakan warga RT 20 RW 03 Kelurahan Semampir, Kecamatan Kota, berbuah prestasi. Upaya mereka membentuk kube mengantar RT ini menjadi yang terbaik di bidang partisipasi masyarakat.

MOCH. DIDIN SAPUTRO, Kota, JP Radar Kediri.

Ketua RT 20 RW 03 Kelurahan Semampir Utoro sempat kecewa. Itu karena RT-nya tak masuk dalam jajaran nominator bidang ekonomi pada malam penganugerahan Prodamas Award 2019 Selasa (26/11) lalu. Bahkan, sebelum acara selesai ia akan angkat kaki dari lokasi acara.

“Saya kira masuk di bidang ekonomi. Ternyata tidak masuk nominator. Mau pulang, karena hampir putus asa,” cetus Utoro mengingat apa yang ia hadapi saat penganugerahan di GOR Jayabaya Kota Kediri malam itu.

Ternyata, masih ada dua kategori lain yang belum dibacakan. Yakni Kinerja RT dan Partisipasi Masyarakat. Toro, panggilan ketua RT ini, tak menyangka jika ternyata RT-nya disebut dan masuk dalam nominasi partisipasi masyarakat. Hingga akhirnya juga dinobatkan sebagai yang terbaik di bidang ini.

Penghargaan terbaik untuk partisipasi masyarakat di RT ini tentu saja bukan tanpa alasan. Kekompakan warga dalam merealisasikan anggaran Prodamas pun sangat tinggi.

“Di sini warga punya kreativitas masing-masing. Antusiasme juga sangat bagus, mereka bertemu dan banyak mencoba hal baru terutama makanan,” kata Toro.

Tak hanya itu, yang membuat RT di Gang II Donayan ini berbeda adalah pada keguyuban dan gotong royong warganya. Rasa saling menghormati dan toleransi antarumat beragama juga menjadi nilai tambah bagi lingkungan di tempat ini.

“Saat ada hajatan, saling membantu. Termasuk saat membuat kue dan jajanan untuk yang punya hajatan. Ibu-ibu selalu kompak,” paparnya.

Tentu saja, Toro mengatakan, semua itu juga salah satu dampak dari adanya Prodamas yang beberapa dialokasikan untuk pengadaan alat pesta, perlengkapan memasak, dan juga oven untuk mendukung kegiatan Kube Dapur Gayan 20, singkatan dari Dapur Gang Donayan RT 20.

“Kami bisa berkembang lebih dengan inovasi dan kreativitas warga,” tambah pria 38 tahun ini.

Dengan adanya peralatan memasak mendapat apresiasi oleh warga. Ketua Kube Dapur Gayan 20 Suseno D. mengungkapkan, jika setelah adanya Prodamas, semakin memudahkan dalam hal pembuatan kue. Salah satunya saat pengadaan alat memasak berupa oven.

“Oven yang baru ada indikator temperatur. Jadi lebih efisien dan mudah saat membuat kue. Produksi semakin cepat karena peralatan semakin lengkap,” kata Seno.

Setelah adanya Prodamas, produksi bisa lebih meningkat. Hanya saja, selama ini Seno mengakui bahwa masih terkendala izin PIRT. Dia menyebut masih belum mengetahui secara pasti terkait perizinan untuk usaha bersama ini. Dia berharap dalam waktu dekat, usaha yang digerakkan ibu-ibu ini bisa lebih dimudahkan dalam pengurusan PIRT untuk produk-produk mereka.

“Harapannya ke depan dengan perizinan bisa lebih berkembang lagi. Dan semakin mudah untuk pemasaran. Kalau ada izin lebih yakin dalam produksi dengan jumlah banyak,” harap Seno.

Tentu saja, dengan adanya PIRT pasti ada peningkatan produksi. Termasuk orang yang hendak memesan tidak ragu lagi. Yang akan berujung pada peningkatan penghasilan warga. Akibat dari penjualan yang lebih tinggi. “Semoga setelah ini ada kemudahan untuk perizinan dan juga memberikan kesempatan warga untuk berproduksi,” paparnya.

Dengan adanya Prodamas, menurut Seno, sangat bagus. Bisa mendukung produksi kuliner di tempat ini semakin berkembang. “Warga sangat terbantu dengan adanya prodamas ini,” tandasnya.

Apalagi setelah mendapat penghargaan sebagai RT terbaik dalam hal partisipasi masyarakat. Membuat warga lebih antusias dalam pengembangan bisnis rumahan tersebut.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia