Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Events
RT-RT yang Berjaya di Prodamas Award 2019 (5)

Dulu Rawan, Kini Aman dengan Lima Poskamling

03 Desember 2019, 16: 40: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

AKRAB: Edy Santosa bersama anak-anak yang memanfaatkan taman baca yang ada di poskamling RT-nya.

AKRAB: Edy Santosa bersama anak-anak yang memanfaatkan taman baca yang ada di poskamling RT-nya. (HABIBAH A MUKTIARA - JP RADAR KEDIRI)

Share this          

Wilayah ini, RT 06 RW 02 Kelurahan Ngronggo, Kecamatan Kota, memenangkan kategori bidang kinerja RT dalam Prodamas Award 2019. Prestasi itu tak lepas dari peran besar sang ketua RT, Edi Santosa.

HABIBAH A. MUKTIARA, Kota, JP Radar Kediri

Pigura berisi penghargaan Prodamas itu diletakkan di sudut poskamling. Di dekatnya juga ada trofi yang diperoleh karena keberhasilan RT tersebut di ajang Prodamas Award.

Duduk di dekat pigura dan piala itu sosok lelaki bertopi merah. Dia adalah Edy Santoso. Ketua RT 06 RW 02 yang baru saja mendapatkan penghargaan dalam kategori kinerja RT terbaik. Lelaki 49 tahun itu mendapatkan hadiah dan piagam penghargaan saat malam penganugerahan Prodamas Award 2019 di GOR Jayaba, Kota Kediri, Selasa malam (26/11).

“Ini sangat mengejutkan bagi saya. Karena sebelumnya kami mendapatkan juara kategori umum,” terang Edy.

Edy mengatakan bukan pertama kalinya RT-nya mengikuti ajang kompetisi Prodamas. Pada Prodamas Award 2018 RT-nya mendapatkan juara umum.

“Saya sudah dua periode menjadi ketua RT. Dan pada tahun ini juga kembali terpilih,” imbuhnya.

Bapak tiga anak ini pertama kali menjadi ketua RT pada 2013. Dia bersedia dipilih tak hanya karena amanah warga saja. Tapi juga keinginan mengubah wilayahnya. Karena sebelumnya wilayah tersebut terkenal sering terjadi tindak kejahatan.

Dalam  waktu satu bulan, di RT-nya terjadi tiga kasus pencurian. Mulai dari ternak hingga motor. Bahkan apotek pun jadi sasaran. “Karena daerah ini bila malam tergolong sepi,” terangnya.

Karena jalanan yang sepi, daerah ini juga sering jadi lokasi penjambret menjalankan aksinya. Karena itu, saat terpilih jadi ketua RT, Edy pun berupaya untuk menghilangkan hal itu. Salah satu caranya adalah dengan membuat pos keamanan lingkungan alias poskamling.

Awalnya tidak semua warga yang setuju. Tapi dengan gigih suami Siti Sholekhah ini berusaha mengegolkan programnya. Dia pun mengajak warga bermusyawarah. Tak lelah-lelahnya dia berusaha menjelaskan pentingnya ada poskamling berikut berbagai kegiatannya.

Sebagai petugas di poskamling adalah setiap warga. Satu keluarga harus ada satu orang yang akan bertugas bergantian. Mereka pun melakukan perjanjian tertulis. Yaitu bila tidak bisa datang harus mencari pengganti. Bila kesulitan, harus melapor ke pengurus RT. “Selema saya menjadi ketua RT, kini sudah terdapat lima poskamling,” terang Edy.

Menariknya, setiap poskamling punya fungsi berbeda. Poskamling satu merupakan pos utama. Menjadi tempat lokasi jaga yang dilakukan bergantian. Dalam satu malam ada empat orang yang bertugas. Dua ada di pos sedangkan dua berkeliling. Saat berkeliling itu petugas juga bertugas mengambil tabungan warga.  “Iuaran tabungan merupakan salah satu usaha agar mereka semangat untuk melakukan ronda malam,” terangnya. Batas minimal tabungan itu adalah Rp 1.000. Uang itu bisa diambil menjelang hari raya.

Poskamling kedua ada di dekat jalan raya. Fungsinya selain memantau keadaan juga untuk ajang berkumpul karang taruna. Demikian halnya dengna poskamling ketiga. Sedangkan poskamling keempat dan kelima untuk anak-anak. Yang difungsikan juga sebagai taman baca.

Upaya itu ternyata berhasil menekan angka kejahatan yang sebelumnya marak di wilayah itu. Juga, bisa menjadi sarana interaksi warga.

Setelah mendapat penghargaan Prodamas Award, warga RT Kosdarmono senang. Apalagi ada rembukan untuk memanfaatkan hadiah uang Rp 2 juta dari Prodamas Award tersebut. “Rencananya setelah Lebaran sebagian untuk acara halal bihalal dan tasyakuran. Nanti kami undang semua warga mengikuti syukuran ini,” ujarnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia