Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Rekanan Proyek Tuntaskan Pengaspalan Landasan Terminal

Proyek Harus Selesai Akhir Desember Ini

03 Desember 2019, 15: 33: 10 WIB | editor : Adi Nugroho

Bus

BERGANTIAN: Proyek pengaspalan di terminal Anjuk Ladang, hampir tuntas. Rekanan harus menyelesaikan item proyek lain akhir Desember nanti. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Proyek di terminal Anjuk Ladang terus dikebut. Selain menggarap beberapa bagian bangunan yang hingga kemarin belum tuntas, rekanan juga melanjutkan pengaspalan di area terminal.

Kepala Bidang Angkutan dan Keselamatan Jalan Dishub Jatim Sherlita Agustin mengatakan, khusus untuk pengaspalan tidak akan memakan waktu lama. “Kalau pengaspalan landasan itu cepat. Tidak butuh waktu lama bisa selesai,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Hanya saja, pengaspalan tidak bisa dilakukan bersamaan. Yakni, langsung pada seluruh lajur landasan bus di dalam terminal. Melainkan dilakukan secara bertahap. Sehingga, bus tetap bisa mengambil dan menurunkan penumpang di area terminal. “Yang penting bus tetap dapat beroperasi normal dan pelayanan kepada penumpang tidak terganggu,” imbuh Sherlita.

Pengamatan koran ini, pengaspalan memang tidak begitu memakan waktu lama. Pasalnya, Jumat (29/11) lalu pekerja masih melakukan pengaspalan di lajur kanan landasan. Sedangkan lajur kiri sama sekali belum dikerjakan kala itu.

Kemarin, lajur landasan kiri telah tertutup dengan aspal baru. Hanya saja, kondisinya belum memungkinkan untuk dilewati sehingga seluruh armada bus harus menggunakan lajur kanan. Baik bus jurusan antarkota maupun antarprovinsi. “Pengaspalannya harus bergantian,” tambahnya.

Praktis, saat menurunkan atau mengangkut penumpang, bus harus sabar mengantre. Terlebih, jika bus tersebut tiba di terminal Anjuk Ladang dalam kurun waktu yang hampir bersamaan.

“Mau tidak mau harus jadi satu sisi dulu, baru sisi satunya. Baru nanti semua lajur bisa digunakan,” urai Sherlita. Meskipun begitu, aktivitas transportasi di sana tetap tinggi. Antusiasme penumpang tidak terganggu dengan adanya proses pembangunan tersebut.

Untuk diketahui, hingga kemarin  salah satu titik yang belum teraspal adalah di sektor pintu keluar bus. Yakni, terletak di sisi barat terminal. Di sana, landasan masih berupa paving seperti sebelumnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, pembangunan terminal Anjuk Ladang Nganjuk hampir memasuki tahap akhir. Sesuai jadwal, proyek di terminal tipe B itu harus tuntas akhir Desember ini. Tak ayal, pekerja pun dituntut untuk segera menyelesaikan kekurangan pekerjaannya.

Mendekati waktu habis kontrak, pihaknya meningkatkan pengawasan dan monitoring pembangunan terminal kebanggan warga Kota Angin itu. Hal itu dilakukan agar waktu penyelesaiannya tidak meleset.

Rekanan masih harus menyelesaikan beberapa item proyek di sisa waktu sekitar tiga minggu ke depan. Di antaranya, pembangunan musala dan beberapa proyek lain yang belum selesai.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia