Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Events
RT-RT yang Berjaya di Prodamas Award 2019 (1)

Sempat Mau Pulang karena Tak Masuk Nominasi

28 November 2019, 19: 19: 56 WIB | editor : Adi Nugroho

prodamas award 2019 dermo

SIMBOLIS: Wali Kota Abdullah Abu Bakar menyerahkan hadiah juara umum Prodamas Award 2019 pada Ketua RT Anang Widiono (26/11). (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

Ketua RT 06/RW 03 Kelurahan Dermo Anang Widiono tak menyangka RT-nya disebut di akhir acara pada malam penganugerahan Prodamas Award 2019, Selasa (26/11). Padahal, RT ini meraih juara umum. Seperti apa kisahnya?

MOCH. DIDIN SAPUTRO, Kota, JP Radar Kediri

Waktu menunjukkan pukul 22.00 WIB di GOR Jayabaya, Kelurahan Bandarkidul, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Pengumuman Prodamas Award 2019 hanya tinggal menunggu siapa yang menjadi juara umum.

kube nampol

BERDAYA: Anggota KUBE Nampol dan produknya. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Suasana yang tadinya riuh pun semakin tampak menegangkan. Hingga akhirnya, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar membuka amplop berisi nama pemenang yang menyebutkan RT 06/RW 03 Kelurahan Dermo, Kecamatan Mojoroto sebagai juaranya.

“Alhamdulillah, tak menyangka Mas,” kata Marliyah, ketua Kelompok Usaha Bersama (Kube) Nampol RT tersebut saat ditemui Jawa Pos Radar Kediri usai acara.

Marliyah didampingi suaminya, Anang Widiono, yang juga Ketua RT 06/RW 03 Dermo, sangat gembira mendapat penghargaan bergengsi ini.

Memang, Marliyah dan Anang sama sekali tak berpikir akan masuk nominasi, apalagi juara. Sebab, Kube yang baru dibentuk pada 1,5 tahun silam itu dinilainya masih skala kecil.

Hanya saja, di sini juri berkehendak lain, penilaian tak dilihat dari besar kecilnya usaha saja. Namun banyak indikator yang dijadikan acuan untuk penilaian Prodamas Award 2019. Baik dari inovasi, kreativitas, kebermanfaatan dan juga keberlanjutan. Termasuk kinerja anggota Kube dan juga bagaimana partisipasi mereka dalam mengelola anggaran Prodamas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri.

Marliyah mengaku, sangat senang dan bangga mendapat anugerah ini. Bahkan saat RT-nya tak disebut sebagai nominator, ia dan suaminya sempat akan pulang. “Sangat tidak menyangka bahkan kami akan pulang,” ungkapnya.

Setelah mendapat prestasi ini, Marliyah menyampaikan, tentu kelompoknya lebih antusias lagi dalam mengembangkan lagi galeri Nampol dan dapur Nampol sebagai usaha rumahan untuk menjadi lebih besar lagi. “Tentu dengan produk-produk baru yang lebih inovatif,” paparnya.

Kube Nampol merupakan singkatan dari Kelompok Usaha Bersama Enam Jempol. Berada di Perumahan Griya Intan Asri, Kelurahan Dermo. Kube yang didirikan pada 26 Mei 2018 itu kini semakin menunjukkan eksistensinya.

Dengan dukungan Prodamas 2018. Kelompok usaha yang bergerak di bidang kuliner, aksesoris, dan tas rumahan ini pun mampu memberikan dorongan bagi ibu-ibu untuk semakin kreatif dan inovatif. Kube Nampol mampu memanfaatkan bantuan peralatan memasak dan juga modal berupa bahan untuk membuat aksesoris dengan maksimal.

Tentu banyak dampak yang telah dirasakan bagi anggota Kube ini. Salah satunya adalah kesejahteraan ibu-ibu yang semakin meningkat. Dengan visi misi belajar dan berkarya bersama membangun perekonomian, Kube beranggotakan 16 orang tersebut kerap kebanjiran pesanan. Mulai bidang kuliner, aksesoris, hingga tas rajut. 

Administrasi keuangan di Kube ini pun tercatat rapi. Strategi penjualan dengan cara online juga menjadi andalan kelompok usaha ini.

“Salam dari warga RT kami untuk bapak wali kota dan pemkot Kediri. Terima kasih tak terhingga dengan adanya Prodamas warga RT 06/RW 03 Kelurahan Dermo sangat terbantu dan bisa mandiri dalam berkarya, berinovasi, dan berkreasi,” paparnya.

Termasuk dalam membantu perekonomian warga hingga bisa meningkatkan kesejahteraan kelompok usaha ini. Marliyah berharap, ke depan RT-RT di Kota Kediri bisa melaju lebih maju bersama Prodamas yang selalu dinanti.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia