Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Events

Prodamas Award 2019: Juara Umum Jatuh ke Kelurahan Dermo

Inilah Daftar RT Terbaik dan Nominatornya

27 November 2019, 18: 18: 00 WIB | editor : Adi Nugroho

prodamas award 2019 dermo

PEMENANG: Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) dan Direktur Jawa Pos Radar Kediri Tauhid Wjaya (tiga dari kiri) berfoto bersama juara umum dan sejumlah RT terbaik Prodamas Award 2019. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri - Pemenang Prodamas Award 2019 akhirnya diumumkan tadi malam. Teka-teki siapa yang menjadi terbaik pun terjawab sudah. Dan, tampil sebagai juara umum adalah RT dari Kelurahan Dermo, Kecamatan Mojoroto.

Tadi malam, pengumuman bagi RT terbaik dalam pelaksanaan Prodamas itu dikemas dalam malam puncak Prodamas Award 2019. Bertempat di GOR Jayabaya Kota Kediri. Direktur Jawa Pos Radar Kediri Tauhid Wijaya menyampaikan, Prodamas Award adalah event untuk mengompetisikan ide-ide kreatif dan inovatif masyarakat di tingkat RT. Upaya itu terkait stimulan yang diberikan Pemerintah Kota Kediri dalam program pemberdayaan masyarakat (Prodamas).

"Prodamas, kita tahu, adalah program yang digagas oleh pemerintahan Mas Abu-Ning Lik yang telah mendapat banyak apresiasi di tingkat nasional. Ini karena Prodamas mampu membuktikan bahwa pembangunan dengan pola bottom up bisa mencapai hasil lebih efektif," kata Tauhid Wijaya dalam sambutannya.

prodamas award 2019

UNGGULAN: Wali Kota Abdullah Abu Bakar menyerahkan trofi juara umum kepada kepala RT 06 RW 03, Kelurahan Dermo, Kecamatan Mojoroto, tadi malam. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Menurutnya, warga bukanlah sekadar objek. Tapi, subjek pembangunan. Mereka hanya butuh kepercayaan dari para pemegang kebijakan. Dan kepercayaan itulah yang diberikan oleh Mas Abu dan Ning Lik sejak pertama kali mendapat mandat untuk memimpin kota ini.

Terbukti, begitu kepercayaan itu diberikan dengan menggelontorkan dana Rp 50 juta per RT per tahun, ide-ide kreatif dan inovatif bermunculan di tingkat RT. "Inilah yang perlu terus diberi ruang agar maksud baik dari pemerintah lewat Prodamas bisa berjalan on the track," lanjutnya.

Dalam konteks itu pula Prodamas Award hadir atas kerja sama Jawa Pos Radar Kediri dengan Pemerintah Kota Kediri. Yaitu, memberi ruang bagi ide-ide kreatif dan inovatif di tingkat RT dengan cara mengompetisikannya. Dengan cara kompetisi inilah kemajuan bisa diperoleh.

Tadi malam, pengumuman nominator dibacakan satu per satu. Mulai dari bidang infrastruktur, sosial, ekonomi, kinerja RT, dan Partisipasi masyarakat. Dari 55 nominator tersebut diambil satu RT yang menjadi terbaik di masing-masing bidang. Sementara di sesi terakhir, adalah pembacaan juara umum yang dibacakan Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar. Dan yang berhasil mendapatkan gelar itu adalah RT 06 RW 03 Kelurahan Dermo, Kecamatan Mojoroto.

Di RT ini, warga memanfaatkan Prodamas untuk membentuk kelompok usaha bersama (kube). Dari kelompok usaha tersebut mampu mendorong ibu-ibu semakin kreatif dan inovatif. Mereka memanfaatkan bantuan untuk membuat kuliner, aksesoris, hingga tas rajut. Pemasarannya pun juga melalui online. Dengan program ini masyarakat RT setempat semakin berdaya.

Mereka yang dinobatkan sebagai juara umum  dan terbaik mendapat trofi dan plakat Prodamas Award 2019. Termasuk uang tunai dan gratis berlangganan Jawa Pos Radar Kediri selama 1 bulan.

Selain pembacaan pemenang Prodamas Award, tadi malam juga diumumkan 12 Kelurahan terbaik dalam pelaksanaan Prodamas. Mereka mendapat hadiah 1 unit sepeda motor. Tak hanya itu, juga dilangsungkan pemberian santunan kepada ahli waris kepada RT yang meninggal dunia. Juga penandatanganan MoU Prodamas 2020.

Untuk diketahui, Prodamas Award 2019 ini merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan RT-RT tersebut. Penjurian dilakukan selama 2 bulan lebih. Melibatkan Pemerintah Kota Kediri, Jawa Pos Radar Kediri, dan juga akademisi. Dari 1.447 RT se-Kota Kediri ada 975 kuesioner yang masuk. Sementara dari hasil penjurian kuesioner muncul 132 RT yang diberi kesempatan melakukan presentasi dan dilaksanakan penjurian lapang.

Di akhir acara, Wali Kota Abdullah Abu Bakar menyebut bahwa Prodamas Award 2019 ini merupakan bentuk apresiasi Pemkot Kediri terhadap keterlibatan aktif masyarakat terutama di lingkup RT selama pelaksanaan Prodamas.

"Dengan program ini semoga inovasi-inovasi RT bisa muncul dan bisa memanfaatkan dana Prodamas untuk kegiatan yang lebih baik," ujarnya.

Mas Abu mengungkapkan bahwa dengan Prodamas dampaknya sangat terasa. Seluruh lingkungan di Kota Kediri berlomba untuk memperbaiki wilayah mereka. Gang-gang di Kota Kediri juga semakin bagus.

"Selamat bagi pemenang. Semoga menjadi motivasi untuk semakin terpacu dalam eksplorasi potensi-potensi kebutuhan warga. Tentu ada inovasi baru dalam memberdayakan masyarakat," tandasnya.

Abu mengajak seluruh masyarakat Kota Kediri melalui camat, lurah, RT, dan  RW untuk membangun bersama. Karena dengan membangun bersama ini sangat efektif dalam pembangunan di Kota Kediri.

Wali kota menambahkan, Pemerintah Pusat juga mengadopsi hal itu melalui dana desa. Termasuk tahun ini juga ada dana kelurahan. "Seluruh masyarakat kita bisa merasakan manfaat dari Prodamas ini. Saya ingin, dampak Prodamas ini bisa semakin terasa dan besar," ujarnya.

Mas Abu berpesan, program Prodamas harus tetap berkelanjutan. Meskipun RT telah ganti harus tetap menjalankan program sebelumnya. Dengan sinergi bersama masyarakat. "Kalau di Kota Kediri masih ada kampung kumuh. Mari kita selesaikan bersama. Bisa melalui dana prodamas atau mengusulkan ke pemkot," pungkasnya.

Juara Umum

Kelurahan Dermo   RT 06 RW 03

Terbaik Bidang:

-        Infrastruktur

Kelurahan Tosaren                 RT 26 RW 09

-        Sosial                     

Kelurahan Setonopande         RT 04 RW 02

-        Ekonomi                  

Kelurahan Bangsal                 RT 01 RW 05

-        Kinerja RT           

Kelurahan Ngronggo              RT 06 RW 02

-        Partisipasi Masyarakat

Kelurahan Semampir              RT 20 RW 03

Nominator Bidang Infrastruktur

·       Kelurahan Tempurejo    RT 01 RW 01

·       Kelurahan Betet              RT 20 RW 08

·       Kelurahan Singonegaran RT 15 RW 04

·       Kelurahan Banaran         RT 19 RW 07

·       Kelurahan Balowerti      RT 22 RW 06

·       Kelurahan Ringinanom  RT 04 RW 01

·       Kelurahan Pocanan         RT 02 RW 01

·       Kelurahan Lirboyo         RT 04 RW 06

·       Kelurahan Mrican           RT 04 RW 06

·      Kelurahan Mojoroto       RT 31 RW 10

Nominator Kategori Sosial

·       Kelurahan Bangsal                 RT 04 RW 01

·       Kelurahan Tinalan                  RT 03 RW 03

·       Kelurahan Ngletih                  RT 07 RW 02

·       Kelurahan Singonegaran        RT 25 RW 05

·       Kelurahan Jamsaren               RT 22 RW 05

·       Kelurahan Dandangan            RT 03 RW 10

·       Kelurahan Manisrenggo         RT 05 RW 06

·       Kelurahan Pojok                     RT 25 RW 05

·       Kelurahan Bandarkidul          RT 03 RW 04

·       KelurahanSukorame              RT 06 RW 02

Nominator Bidang Ekonomi

·       Kelurahan Tinalan          RT 02 RW 07

·       Kelurahan Ketami          RT 02 RW 01

·       Kelurahan Ketami          RT 03 RW 05

·       Kelurahan Banjaran        RT 01 RW 01

·       Kelurahan Ngronggo      RT 04 RW 02

·       Kelurahan Dandangan    RT 04 RW 07

·       Kelurahan Manisrenggo RT 04 RW 06

·       Kelurahan Pojok             RT 21 RW 05

·       Kelurahan Mrican           RT 01 RW 08

·      Kelurahan Sukorame      RT 29 RW 10

Nominator Bidang Kinerja RT

·       Kelurahan Tempurejo    RT 11 RW 04

·       Kelurahan Pesantren       RT 38 RW 07

·       Kelurahan Pakunden      RT 13 RW 03

·       Kelurahan Ngletih          RT 09 RW 02

·       Kelurahan Ngadirejo      RT 02 RW 08

·       Kelurahan Manisrenggo RT 01 RW 06

·       Kelurahan Semampir      RT 32 RW 05

·       Kelurahan Kemasan       RT 03 RW 02

·       Kelurahan Bujel             RT 03 RW 02

·      Kelurahan Gayam           RT 03 RW 01

Nominator Bidang Partisipasi Masyarakat

·       Kelurahan Pakunden      RT 10 RW 02

·       Kelurahan Betet              RT 04 RW 02

·       Kelurahan Betet              RT 22 RW 09

·       Kelurahan Bawang         RT 03 RW 03

·       Kelurahan Banaran         RT 25 RW 09

·       Kelurahan Banjaran        RT 04 RW 09

·       Kelurahan Ngadirejo      RT 01 RW 09

·       Kelurahan Dandangan    RT 02 RW 05

·       Kelurahan Bandarlor      RT 31 RW 06

·      Kelurahan Bujel              RT 06 RW 01

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia