Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Tanpa SIM, Pelajar Kena Sanksi Tilang

26 November 2019, 10: 40: 45 WIB | editor : Adi Nugroho

OPERASI RUTIN: Petugas Satlantas Polres Kediri Kota memeriksa kelengkapan pengendara dalam operasi tertib lalin di halaman mako satlantas, Jl Brawijaya, Kota Kediri sore kemarin.

OPERASI RUTIN: Petugas Satlantas Polres Kediri Kota memeriksa kelengkapan pengendara dalam operasi tertib lalin di halaman mako satlantas, Jl Brawijaya, Kota Kediri sore kemarin. (IQBAL SYAHRONI - JP RADAR KEDIRI)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Meski telah disosialisasi hingga ditilang, Satlantas Polres Kediri Kota mendapati masih banyak pelajar melanggar peraturan lalu lintas (lalin). Dari ribuan sepeda motor yang diperiksa bergantian di halamam satlantas terlihat banyak pengendara di bawah umur.

Bahkan, Kasatlantas Polresta AKP Indra Budi Widodo turun untuk memberikan teguran pada pelajar di bawah umur yang nekat mengendarai motor sendiri. “Kalau memang sudah cukup umur lebih baik segera mendaftar dan membuat SIM. Kalau belum, lebih baik menggunakan kendaraan umum saja,” tuturnya pada pelajar yang kena tilang.

Indra menjelaskan, jika memang belum memiliki SIM, pelajar tidak seharusnya mengendarai kendaraan sendiri. Apalagi jika pelajar ini juga tidak melengkapi kelengkapan berkendara. Seperti tidak memakai helm atau motornya tidak lengkap spektek.

Perwira Polri berpangkat balok tiga di pundaknya itu juga menjelaskan bahwa angka pelanggaran anak di bawah umur yang berkendara masih banyak dijumpai. Untuk itu, pemeriksaan kendaraan yang dilakukan rutin oleh satlantas semakin ditingkatkan.

“Tujuannya adalah untuk menekan angka kecelakaan bagi para pengendara yang masih nekat berkendara tanpa memiliki SIM,” imbuhnya.

Selain sepeda motor yang dilakukan penindakan tilang oleh petugas kemarin sore, petugas juga menindak pelanggaran terhadap pengemudi mobil yang melewati Jalan Brawijaya, Kota Kediri.

Dalam pemeriksaan yang dilakukan oleh 35 anggota Satlantas Polres Kediri Kota, petugas mendapati ada ratusan pengendara sepeda motor yang ditilang. Mulai dari tidak memiliki SIM maupun tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).(syi/ndr)

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia