Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Events
PRODAMAS AWARD 2019

RT Mana Raih Terbaik?

26 November 2019, 08: 35: 49 WIB | editor : Adi Nugroho

PERSIAPAN: Panitia Prodamas Award menata panggung yang digunakan penganugerahan nanti malam di GOR Jayabaya.

PERSIAPAN: Panitia Prodamas Award menata panggung yang digunakan penganugerahan nanti malam di GOR Jayabaya. (OFFPRINT - JP RADAR NGANJUK)

Share this          

KOTA,  JP Radar Kediri - Hari yang ditunggu-tunggu seluruh rukun tetangga (RT) se-Kota Kediri akhirnya tiba. Malam ini (26/11), mereka yang berhak menyandang gelar terbaik dalam Prodamas Award 2019 akan diumumkan.

Siapakah yang menjadi jawaranya? Salah satu tim juri Prodamas Award 2019 Endro Purwito menyampaikan bahwa penghargaan ini akan menunjukkan RT mana saja yang mampu menggunakan anggaran Prodamas 2018 dengan baik. “Baik dalam bentuk pembangunan infrastruktur, kegiatan penjunjang sosial dan aktivitas ekonomi,” jelasnya.

Selain itu, juga disiapkan penghargaan untuk Terbaik untuk kinerja RT selama realisasi Prodamas 2018.  “Selain itu, apresiasi juga ditujukan pada RT yang masyarakatnya ikut andil dalam prodamas. Mereka akan mendapat penghargaan bidang partisipasi masyarakat,” imbuh juri dari Jawa Pos Radar Kediri ini.

Tentu, selama ini Endro mengaku bahwa RT-RT semakin inovatif dalam merealisasikan program unggulan Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri ini. Sehingga membuat juri benar-benar mempertimbangkan segala aspek untuk menentukan siapa yang menjadi terbaik.

Untuk realisasi Prodamas 2018,  RT-RT harus bisa memanfaatkan anggaran senilai Rp 50 juta tersebut. Mulai pembangunan jalan, jembatan juga untuk keamanan lingkungan. Yakni berupa pemasangan CCTV atau pembuatan pos kamling yang cukup kreatif. Termasuk ada juga yang memanfaatkannya untuk memperindah kondisi lingkungan setempat.

Di bidang social, berbagai upaya juga dilakukan RT, mulai dari pengadaan peralatan yang sangat bermanfaat bagi warga, hingga pemberian bantuan sosial bagi warga yang membutuhkan.

Sementara di bidang ekonomi, kekreatifan warga ditunjukkan dalam hal pemanfaatan modal dari prodamas untuk berbagai usaha. Usaha tersebut tentu mampu memberdayakan hingga berimbas pada peningkatan perekonomian warga sekitar.

Untuk diketahui, bahwa Prodamas 2019 ini merupakan bentuk apresiasi atas keberhasilan RT-RT tersebut. Seperti yang diungkapkan Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kota Kediri Paulus Luhur Budi Prasetyo.

Paulus menyebut bahwa Prodamas Award 2019 ini merupakan bentuk apresiasi Pemkot Kediri terhadap keterlibatan aktif masyarakat terutama di lingkup RT selama pelaksanaan prodamas.

“Pemkot mengapresiasi mereka dalam mendukung dan menyukseskan Prodamas sebagai program unggulan inovatif Pemkot Kediri,” ujarnya.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya Prodamas Award 2019 ini, seluruh RT di Kota Kediri akan semakin terpacu dalam mengeksplorasi potensi-potensi kebutuhan warganya dan memunculkan inovasi baru dalam pemberdayaan masyarakat. Selamat bagi para pemenang.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia