Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Features
Danbrigif Mekanis 16/WY Letkol Inf Endra

Pelopor Orang Tua Donor Penyandang Thalassemia

24 November 2019, 14: 20: 24 WIB | editor : Adi Nugroho

danbrigif kediri

AKRAB: Danbrigif Mekanis 16/Wira Yuda Letkol Inf Endra Saputra bermain musik bersama anggotanya menghibur anak-anak penyandang thalassemia di markasnya, Kelurahan Pojok, Mojoroto, Kota Kediri. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

Danbrigif Mekanis 16/Wira Yuda Letkol Inf Endra Saputra Kusuma tak hanya dekat dengan anggotanya. Namun, juga peduli dengan kondisi warga sekitarnya. Ia memelopori program orang tua asuh bagi prajurit untuk anak penyandang Thalassemia.

IQBAL SYAHRONI, Kota, JP Radar Kediri

Suara angklung, gendang, dan musik perkusi terdengar nyaring dari depan pintu masuk kolam renang markas Brigade Infanteri (Brigif) Mekanis 16/Wira Yuda, Pojok, Mojoroto. Alat-alat musik tersebut dimainkan para prajurit berbaju hijau loreng. Terlihat ada anak-anak dan orang tua ikut berjoget dan berbaur dengan meriah.

Menariknya, dari kumpulan prajurit brigif yang bermain musik, Komandan Brigif (Danbrigif) Mekanis 16/Wira Yuda Letkol Inf Endra Saputra Kusuma juga ikut bermain. Dia memainkan snare dari drum. “Tidak begitu jago, hanya untuk main-main saja ini,” ucapnya.

Setelah bermain beberapa menit, lelaki asal Palembang itu menyempatkan berbincang dengan koran ini. Kemeriahan kegiatan pada Sabtu lalu (26/10) itu rupanya adalah acara penutupan pertemuan dengan orang tua dan anak penyandang Thalassemia. Ini penyakit kelainan genetik yang merusak sel darah merah.

Acara musik para prajurit untuk menghibur para tamu. Sembari orang tua dan anak-anaknya bermain di kolam renang bersama keluarga. Ditanya soal ketertarikan dengan musik, Endra mengaku, hanya berpartisipasi sebagai penikmat.

Namun sekali-dua kali, Endra menyempatkan datang untuk melihat prajuritnya berlatih. “Kadang ikut bermain juga, tapi ya begitu, saya tidak terlalu bisa bermain musik, hanya penikmat,” imbuh perwira TNI 44 tahun ini.

Endra lebih suka beraktivitas di bidang olahraga. Terbukti, satu-satunya anak lelaki dari lima bersaudara ini aktif mengikuti kegiatan olahraga di sekolahnya. Mulai SD, Endra masuk tim voli sekolah. Ia pernah mengikuti kejuaraan antarkabupaten. Memasuki SMP, Endra ikut tim tenis meja dan saat SMA menekuni taekwondo. “Pernah mewakili sekolah di tingkat kabupaten,” ungkap tentara murah senyum ini.

Termasuk olahraga lari. Endra mengikuti Kelud Volcano Road Run 2019 yang diadakan Jawa Pos Radar Kediri, September lalu. Dia selalu bersyukur diberi badan sehat. Ketika dilantik menjadi Danbrigif, Juli 2019 lalu, ia ingin mengajak anggotanya lebih peduli kesehatan. Salah satunya dengan mengajak menjadi orang tua donor bagi para anak penyandang thalassemia.

Endra selalu berpikir, bagaimana jika ada keluarga atau kerabatnya yang menderita thalassemia dan tidak ada yang peduli. Pasalnya, penderita terlihat seperti orang normal. Namun harus menjalani transfusi darah sepanjang hidup.

Untuk itu, sekecil apapun bantuan, jika dilakukan dengan ikhlas, maka tidak ada beban untuk berbuat hal baik seperti apapun. Endra sendiri juga menjadi orang tua donor bersama anggota Brigif Mekanis 16/Wira Yuda lain yang darahnya cocok dengan anak-anak penyandang thalassemia ini.

Bunyi musik yang terdengar di pintu masuk Kolam Renang Brigif masih terdengar nyaring hingga sekitar pukul 11.00 WIB. Beberapa anak sudah berganti baju dan melakukan aktivitas lain.

Sesekali, anak-anak datang ke Endra dan ke prajurit Brigif untuk bersalaman lalu berpamitan. Mereka tidak berpamitan untuk waktu yang lama. Karena ketika dilakukan transfusi darah bagi orang tua donor dan anak, mereka bisa bertemu lagi, dan bermain bersama lagi.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia