Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Dua Cakades Tiripan Curi Start Kampanye

18 November 2019, 13: 10: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

Cakades

KOMPAK MELANGGAR: Banner kampanye milik Nur Marijo dan Minto, dua cakades Tiripan, sudah terpasang sebelum masa kampanye. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

BERBEK, JP Radar Nganjuk-Masa kampanye pemilihan kepala desa serentak baru dilakukan Rabu (20/11) sampai Jumat (22/11) nanti. Tetapi, dua calon kepala desa (cakades) di Tiripan, Berbek, sudah memasang poster berisi gambar untuk mencoblos alias curi start kampanye. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Haris Jatmiko menyayangkan ada calon kades yang mendahului kampanye. “Pemasangan alat peraga seperti poster atau baliho itu sudah termasuk kampanye,” katanya kepada JP Radar Nganjuk.

Haris menegaskan, dinas PMD akan menindaklanjuti temuan itu. Mereka akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, pengawas, dan panitianya. Idealnya, lanjut Haris, cakades melaporkan kejadian itu ke panitia pilkades untuk diberi teguran.

Tetapi, praktik pemasangan poster kampanye di Desa Tiripan dilakukan oleh semua cakades. Karenanya, panitia dan pengawas pilkades harus melakukan tindakan. “Kalau didiskualifikasi kayaknya tidak. Tapi alangkah baiknya semua cakades tertib aturan agar tidak menimbulkan kegaduhan,” tegasnya.

Haris pun meminta agar panitia cepat bertindak. Selanjutnya, memberi kesempatan kepada dua cakades untuk kampanye sesuai jadwal yang ditentukan. Jika teguran panitia tidak digubris, panitia bisa mencopot poster dan banner.

Sayang, Camat Berbek Nurbinti belum bisa dikonfirmasi terkait temuan kampanye lebih awal di Desa Tiripan. Saat dihubungi koran ini melalui ponselnya, tidak diangkat.

Pantauan koran ini, Dua cakades yang bertarung yakni Nur Marijo (nomor urut satu) dan Minto (nomor urut dua), sama-sama memasang banner lebih awal. Banner yang dipasang Marijo membawa jargon Menuju Perubahan. Di fotonya ada gambar paku lengkap dengan tulisan “coblos”.

Selanjutnya, Minto membawa jargon Lanjutkan. Gambar paku ada di angka 2 yang diletakkan di atas foto kades incumbent itu. Di banner Minto juga dilengkapi kalimat memohon doa restu dan visi-misinya. 

Banner dua Cakades ini sudah tersebar di banyak tempat. Seperti di tepi lapangan, di pertigaan, dan lokasi strategis lainnya. Banner dari panitia pilkades juga dipasang di sejumlah tempat.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia