Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Empat Orang Positif Idap HIV

Tiga PSK dan Satu Pria Hidung Belang Ikut VCT

18 November 2019, 13: 06: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

PSK

PEMERIKSAAN: Anggota Satpol PP Nganjuk memeriksa identitas dua PSK di eks lokalisasi Kandangan Desa Desa Kedungrejo, Tanjunganom, Jumat (15/11). (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Tiga PSK dan satu pria hidung belang dinyatakan positif mengidap human immuno virus (HIV), kemarin. Ini sesuai hasil pemeriksaan kesehatan terhadap belasan orang yang terjaring razia satpol PP Jumat (15/11) malam lalu.

Kasi Penanganan Fakir Miskin Dinsos PPA Nganjuk Edy Darijono mengatakan, dari empat orang yang positif terkena penyakit yang menyerang kekebalan tubuh itu, tiga di antaranya adalah PSK. “Ditambah satu dari dua pria yang terjaring kemarin juga positif HIV,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Belasan orang yang diperiksa, untuk sementara berada di Rumah Singgah Nganjuk. Baik yang dinyatakan positif HIV maupun yang negatif. Untuk empat orang yang positif, menurut Edy akan dilakukan rehabilitasi di beberapa panti rehab. “Ada beberapa panti yang bisa menampun untuk rehabilitasi. Itu ada di Kediri, Sidoarjo, dan ini yang terakhir kami pernah mengirim ke Jakarta Timur,” lanjut Edy.

Terkait pemeriksaan penyakit menular tersebut, pihaknya berkoordinasi dengan Dinkes Nganjuk. Pemeriksaannya dilakukan langsung di salah satu ruangan Satpol PP Jumat malam lalu.

“Pemeriksaan ini memang bertujuan untuk mengetahui apakah mereka ada yang mengidap penyakit menular berbahaya atau tidak. Seperti halnya sipilis maupun HIV,” papar Edy.

Edy menjelaskan, dalam setiap razia PSK dan pria hidung belang, pasti ada orang yang dinyatakan positif mengidap penyakit menular. Karenanya, saat pemeriksaan Edy menegaskan agar mereka tidak menggunakan nama samaran atau alias. Sehingga, bisa memperjelas penanganan lanjutan.

Lebih jauh Edy berujar, pemeriksaan kesehatan itu sejatinya bisa dilakukan sendiri oleh para PSK. Baik di puskesmas maupun RS yang memiliki fasilitas pemeriksaan HIV. “Itu semua gratis untuk pemeriksaannya dari dinkes,” tandas Edy.

Terpisah, Kabid Penegak Perda Satpol PP Nganjuk Suprayogi mengungkapkan, belasan PSK yang terjaring razia Jumat malam lalu merupakan wajah baru. Begitu pula dengan pria hidung belang yang diamankan satpol.

“Dari pendataan yang kami lakukan, tidak ada orang lama yang terjaring lagi. Semuanya nama dan wajah-wajah baru,” terang Yogi saat dihubungi koran ini, kemarin.

Untuk diketahui, Satpol PP dan petugas gabungan menjaring 11 PSK dan dua pria hidung belang. Mereka terjaring di eks lokalisasi Kandangan Desa Desa Kedungrejo, Tanjunganom. Selanjutnya, ada pula seorang PSK dan waria yang diamankan petugas di kawasan Jembatan Lama Kertosono.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia