Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Events

Disparporabud Pacu Kualitas SDM Pariwisata

Gelar Uji Kompetensi Sertifikasi dan Lisensi

18 November 2019, 12: 09: 08 WIB | editor : Adi Nugroho

Pela

PROFESIONAL: Kepala Disparporabud Nganjuk Supiyanto (tengah, belakang) bersama peserta uji kompetensi sertifikasi profesi pariwisata dan pelatihan penguatan lisensi pemandu wisata. (Syahrul Andry Wahyudi - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Dinas Pariwisata, Kepemudaan, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pariwisata. Untuk itu, disparporabud menggelar uji kompetensi sertifikasi profesi pariwisata. Serta, pelatihan penguatan lisensi pemandu wisata.

Acara berlangsung selama dua hari. Uji kompetensi sertifikasi profesi pariwisata digelar Kamis (14/11) lalu. Sedangkan pelatihan penguatan lisensi pemandu wisata Jumat (15/11) keesokan harinya.

Kepala Disparporabud Nganjuk Supiyanto yang membuka acara selama dua hari itu. Dalam sambutannya ia mengatakan, uji kompetensi dan sertifikasi baru pertama digelar di Nganjuk.

Dia berharap usai kegiatan tersebut para pelaku pariwisata dapat mengembangkan diri sesuai keterampilan masing-masing. “Ke depan seluruh pelaku usaha wisata harus tersertifikasi. Untuk menjaga produktivitas hingga kualitas pelayan,” ujarnya pada acara yang digelar di ruang rapat Front One Ratu Hotel itu.

Untuk diketahui, pada kesempatan itu, disparporabud mengundang beberapa narasumber untuk menyampaikan materi. Pada hari pertama, narasumber sekaligus asesor yang diundang adalah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Yogyakarta. Sedangkan pada hari kedua adalah Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Jawa Timur.

Disparporabud Nganjuk mengajak puluhan peserta untuk mengikuti pelatihan sekaligus sertifikasi. Para peserta berasal dari bidang perhotelan, restoran hingga para pengelola usaha wisata di Kota Angin.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia