Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Berupaya Beri Sembako Rutin untuk Veteran

Bupati dan Pejabat Forkopimda Tabur Bunga

14 November 2019, 13: 09: 39 WIB | editor : Adi Nugroho

tabur bunga

KHIDMAT: Bupati Novi (kiri) dan Wabup Marhaen Djumadi (kanan) melakukan tabur bunga di kompleks TMP Nganjuk bersama pejabat forkopimda (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk - Pemkab Nganjuk berusaha meningkatkan kesejahteraan veteran di Kota Angin. Salah satunya, dengan merencanakan untuk menyalurkan sembako kepada para veteran secara rutin tiap bulan.

Bupati Novi Rahman Hidhayat mengatakan, dirinya sudah meminta agar penyaluran bantuan untuk para veteran diubah. “Saat ini harus membantu setiap bulan. Bagaimanapun juga, jasa mereka sangat besar untuk negara,” ujar Novi ditemui seusai tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nganjuk, Minggu (10/11).

Dikatakan bupati muda ini, biasanya bantuan sembako atau tali asih diberikan kepada para veteran secara insidental. Karenanya, pemkab berupaya untuk bisa menyalurkan bantuan secara rutin. Termasuk pemberian sembako berupa beras, gula, minyak dan kebutuhan lainnya. “Minimal bisa meringankan beban,” lanjutnya.

Untuk diketahui, tali asih untuk veteran, di antaranya diberikan pada peringatan kemerdekaan 17 Agustus dan peringatan hari Pahlawan. Puluhan veteran mendapatkan tali asih usi mengikuti upacara hari Pahlawan di halaman GOR Bung Karno.

Lebih jauh Novi menuturkan, peringatan hari Pahlawan merupakan momen anak bangsa untuk kembali mengingat perjuangan para pendiri negara. Kepada generasi muda dan milenial, ia berharap agar mereka tidak melupakan jasa para pahlawan. “Kita harus bersatu untuk dapat menghadapi segala tantangan zaman yang terjadi,” pesan Novi.

Ketua Legiun Veteran Indonesia (LVRI) Nganjuk Letkol (Purn) Kapiarso mengaku bersyukur dengan yang telah diberikan negara. Ia menilai bentuk perhatian akan kesejahteraan mereka tiap tahun ada peningkatan.

Dari sisi tunjangan, perbaikan rumah, kesehatan, dan lain sebagainya. Bahkan, untuk pembayaran pajak bumi dan bangunan, para veteran juga diberi kemudahan. Yakni, hanya membayar sepertiga dari pajak normal.

“Kami juga mendapatkan tunjangan dan dana kehormatan veteran. Setiap bulannya mendapatkan Rp 1,8 juta,” urai Kapiarso kepada Jawa Pos Radar Nganjuk.

Terkait bantuan atau tali asih, pihaknya mengaku sangat senang jika bisa direalisasikan setiap bulannya. “Yang penting harus bisa bersyukur atas semua yang telah didapatkan,” tandas pria yang tinggal di Jl Mastrip tersebut.

Sementara itu, peringatan hari Pahlawan di Nganjuk diisi dengan sejumlah kegiatan. Yaitu upacara bendera di halaman GOR Bung Karno yang diikuti oleh para aparatur sipil negara (ASN) dan berbagai perwakilan kelompok masyarakat.

Usai upacara, Bupati Novi Rahman Hidhayat, Wakil Bupati Marhaen Djumadi dan sejumlah pejabat forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda) melakukan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nganjuk. Kapolres AKBP Handono Subiakto, Kajari Ardiansyah, Dandim 0810 Letkol Kav Joko Wibowo dan Sekda Agoes Soebagijo melakukan prosesi tabur bunga usai doa bersama secara khidmat.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia