Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Info Pajak: Bapenda Beri Hadiah untuk Yang Tertib Melunasi Tepat Waktu

13 November 2019, 18: 05: 52 WIB | editor : Adi Nugroho

bayar pajak

MAKIN SADAR: Perwakilan desa menerima apresiasi dari Pemkab Kediri karena telah melunasi pembayaran pajak daerah, kemarin. (Faris - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Keberhasilan masyarakat dan desa dalam membayar pajak mendapat apresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kediri. Untuk meningkatkan pelunasan pembayaran tersebut, pemkab melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) menawarkan berbagai hadiah untuk yang membayar pajak tepat waktu.

Hadiahnya, mesin cuci, lemari es, TV 24 inci, dan kompor. Undian berdasarkan empat eks-korcam di wilayah Kabupaten Kediri. Hadiah itu diundi bagi mereka yang melunasi pajak surat setoran pajak daerah pedesaan-perkotaan (SSPD-P2) tahap kedua.

Kepala Bapenda Kabupaten Kediri Syaifudin Zuchri mengungkapkan, terus berupaya agar desa-desa segera melunasi pajak daerah. Salah satu caranya dengan menawarkan berbagai hadiah untuk para wajib pajak yang membayar tepat waktu.

Disebutkan Zuchri, hadiah ini bentuk apresiasi pada wajib pajak yang membayar dengan tertib. “Kami memotivasi mereka agar sadar dan bisa menularkan kesadaran pajak ini kepada masyarakat yang lain,” harapnya.

Pada seluruh wajib pajak daerah, Zuchri menuturkan, agar segera menyelesaikan kewajibannya. Targetnya, penyelesaian pajak tuntas di akhir tahun. Hangga hari ini, ia menyebut, masih kurang sedikit pajak yang belum terbayarkan. Angkanya tidak sampai 2 persen.

“Selain masyarakat, dari pemda juga terus memperbaiki administrasi perpajakan juga memberikan kemudahan pembayaran,” paparnya.

Termasuk pelayanan dalam pembayaran pajak melalui perbankan. Zuchri menyebut bahwa pemerintah telah bekerjasama dengan Bank Jatim dalam hal pembayaran pajak ini. “Jadi tidak perlu datang ke Bapenda. Ke Bank Jatim terdekat sudah bisa,” paparnya.

Menurutnya, pelayanan ini yang belum banyak diketahui masyarakat. Sehingga, ia berharap, ke depan akan lebih disosialisasikan agar bisa lebih dekat dan mudah dalam membayar pajak. “Kami juga menyediakan mobil-mobil layanan untuk jemput bola,” imbuhnya.

Termasuk kemudahan-kemudahan lain yang diberikan. Zuchri menyebut, dari tahun ke tahun, kesadaran pembayaran pajak meningkat. Baik nominal pajak maupun partisipasi wajib pajak. “Kesadaran dan kepatuhan terus meningkat,” jelasnya.

Dalam momen seperti ini, Zuchri menegaskan, yang telah membayar pajak akan berkesempatan mendapat hadiah, berbeda dengan mereka yang belum membayar. Sebab, denda telah menanti. Yaitu sebesar 2 persen dari nilai pajak. Karena itu, Zuchri sejak awal telah meminta agar pembayaran pajak bisa dilakukan tepat waktu.

Untuk peringkat kabupaten, diraih Desa Kandangan, Kecamatan Kandangan. Selanjutnya disusul Desa Jemekan, Kecamatan Ringinrejo; Desa Pagung, Kecamatan Semen; dan Desa Kuwik, Kecamatan Kunjang. “Terima kasih kepada desa yang berhasil menyelesaikan pembayaran pajak dengan cepat,” tegas Zuchri.

Selanjutnya, untuk desa-desa yang mampu membayar pajak dengan cepat ini akan mendapatkan penghargaan khusus dan hadiah dari Bupati Kediri Haryanti Sutrisno. Haryanti mengucapkan selamat pada desa-desa pemenang ini. “Semoga kesungguhan dan kepatuhan untuk membayar pajak daerah bisa terus dipertahankan,” harapnya.

Untuk diketahui, hingga 31 Oktober 2019, berhasil terealisasi Rp 76,506 miliar. Angka ini masih 98,17 persen dari target Rp 77,832 miliar.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia