Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Molor, Pengumuman Daftar CPNS Baru Diumumkan Nanti Malam

11 November 2019, 12: 47: 51 WIB | editor : Adi Nugroho

Lowongan CPNS Kediri

Lowongan CPNS Kediri (radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri- Pengumuman pembukaan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) rencananya akan berlangsung 11 November, hari ini. Namun, bila biasanya pengumuman itu keluar tepat pukul 00.00, tidak demikian kali ini. Pengumuman tentang dibukanya pendaftaran itu baru akan diluncurkan nanti malam. Sekitar pukul 23.00 WIB.

“Untuk persiapan pengumuman masih proses konsolidasi setting (portal) sscn BKN belum selesai,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri Mohamad Solikin.

Menurutnya, sebelumnya pengumuman pendaftaran akan dibuka pada hari ini (11/10). Namun, pemerintah tidak bisa merealisasikan secepat itu. Hal tersebut seperti pada pengumuman yang beredar di media sosial instagram. Salah satunya adalah pada akun instagram Badan Kepegawaian Negara (BKN) bkncoidofficial. Dalam cuitan akun tersebut, rencana dibukanya pendaftaran nanti pukul 23.11 WIB. Penyebabnya, hingga tadi malam passing grade untuk masing-masing formasi belum keluar. Hal tersebut berhubungan dengan komparasi nilai tahun 2018 dengan jabatan yang akan dilamar tahun ini.

Kondisi itu termasuk juga di Kabupaten Kediri. Solikin mengatakan untuk rincian formasi hingga tadi malam belum bisa dikeluarkan. “Rencana (akan diumumkan) bersama-sama besok (hari ini, Red),” jelasnya.

Sebelumnya, Solikin menegaskan, komposisi formasi di tahun ini tak jauh berbeda dengan tahun lalu. Guru menjadi aparatur sipil negara (ASN) yang dibutuhkan paling banyak. Selanjutnya tenaga kesehatan. Dan dilanjutkan tenaga teknis non-administrasi. Hal itu sesuai dengan arahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang mengurangi jabatan di bidang administrasi.

“Saat ini lebih banyak membutuhkan tenaga teknis yang sifatnya membantu program nasional dan sekaligus mencapai visi-misi pembangunan daerah,” bebernya.

Solikin mencontohkan tenaga teknis di bidang pertanian. Misalkan daerah butuh banyak tenaga untuk pengembangan di sektor ini maka alokasi formasi juga akan lebih banyak untuk bidang pertanian.

Sementara, untuk pengumuman khusus formasi di Pemkab Kediri bisa dilihat di website resmi Pemeritah Kabupaten Kediri yakni www.kediri.go.id. Ia menyebut bahwa setiap instansi pemerintahan di setiap daerah persyaratan secara umumnya sama. Hanya saja, untuk secara detail, masyarakat harus lebih teliti memantau persyaratan pada formasi yang akan dipilih nanti.

“Dari evaluasi tahun lalu, banyak yang masih tanya terkait persyaratan. Padahal sebenarnya ketentuan secara detail sudah ada di pengumuman,” jelasnya.

Untuk persyaratan pendaftaran yang rencana akan diumumkan nanti malam meliputi jabatan apa saja yang dibutuhkan, kualifikasi pendidikan apa yang dicari, dan unit kerja penempatannya.  “Termasuk tata cara pendaftaran dan berkas apa saja yang perlu dipersiapkan,” imbuhnya.

Berkas persyaratan umum masih sama dengan tahun lalu. Antara lain  e-KTP, ijazah, surat tanda registrasi (STR) bagi tenaga kesehatan, sertifikat pendidikan untuk tenaga guru, transkrip nilai dan ijazah profesi. “File berbentuk pdf  harus sudah disiapkan,” pesannya.

Solikin menyebut bahwa sistem pendaftaran semuanya dengan cara online. Tidak ada berkas yang harus dikumpulkan. Karena yang dihadapi adalah sistem dan itu secara online. Maka harus benar-benar membaca dan mengikuti semua ketentuan pada aplikasi pendaftaran. “Membaca secara cermat pengumuman dan mengikuti semua ketentuan di dalam aplikasi pendaftaran,” pesannya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia