Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Buka Rute Barat dan Timur Sungai

Dishub Kota Dapat Bantuan Lagi Satu Unit Bus

08 November 2019, 15: 33: 10 WIB | editor : Adi Nugroho

bus sekolah

TRANSPORTASI MASAL: Pelajar menumpang bus Dinas Perhubungan Kota Kediri yang dioperasionalkan untuk melayani menuju ke sekolah. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kediri memastikan ada tambahan lagi satu armada bus sekolah untuk pelajar. Rencananya, satu unit moda transportasi masal tersebut akan dioperasionalkan untuk melayani sekolah di barat dan timur Sungai Brantas.

Kabid Angkutan Dishub Kota Kediri Bambang Tri mengatakan, kepastian bantuan satu unit itu setelah ada kunjungan pejabat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) ke Kediri, akhir bulan lalu. Sebelumnya, pemkot memang mengajukan bantuan dua bus.

“Informasinya kami dapat satu bus. Kami syukuri,” ujarnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Dia mengaku, bus bantuan belum dikirim ke dishub. Namun sesuai perencanaan dari kemenhub, bantuan tersebut masuk di APBN 2019. “Jadi ada kemungkinan bus baru bisa dikirim tahun depan,” ungkap pria yang sebelumnya menjabat kabid lalu lintas ini.

Dengan tambahan kendaraan itu, total bus sekolah yang dimiliki dishub sebanyak empat unit. Tiga bus yang beroperasi sejak 2016 silam, sudah melayani tiga trayek.

Trayek pertama dari Terminal Tamanan ke Jl Merbabu, Kelurahan Mrican lalu Jl Semeru, Jl Penanggungan, Jl Kawi, Jl A.Dahlan, dan Jl Gatot Subroto. Adapun trayek kedua melewati Jl Saharjo, Jl Veteran, Jl Supersemar, Jl Kemerdekaan, Jl Urip Sumoharjo, alun-alun dan Jl Agus Salim.

Yang ketiga adalah trayek Pasar Bawang-Jl S.Suharmaji. Di antaranya melewati Jl Semeru, Jl Agus Salim, Jl Kalisuci, Jl Panjaitan, Jl Brigjen Pol Imam Bachri, Jl Kapten Tendean, dan Jl Brigjen Katamso.

Bambang mengakui, sebagian besar trayek yang dilayani adalah sekolah yang berada di barat Sungai Brantas. Makanya dengan tambahan satu bus, pihaknya akan menambah trayek dari barat ke timur sungai. “Kami maksimalkan barat dan timur (sungai),” ungkapnya.

Dari Terminal Tamanan, Bambang menyebut, bus akan melewati Jl Veteran, Jembatan Brawijaya lalu masuk ke Jl Diponegoro. Setelah itu bus terus ke timur melewati Jl Hasanudin, Jl Teuku Umar, Jl Imam Bonjol sampai Jl Ahmad Yani. “Kemudian masuk ke (jalan) PK Bangsa dan kembali lagi ke Tamanan,” terangnya.

Di jalur tersebut, lanjut dia, banyak sekolah yang dilayani. Di antaranya SMAN 1 dan 2, SMAK St Augustinus, SMKN 1 dan SMKN 2 di Jl Veteran. Sementara di Jl Diponegoro ada SMPN 1 dan SMKN 3 di Jl Hasanudin. “Kemudian ada sekolah SD di sepanjang jalan PK Bangsa sampai Brawijaya,” urainya.

Untuk sementara, dishub akan memaksimalkan empat unit bus yang dimiliki. Sebab, tahun depan, lanjut Bambang, pihaknya belum berencana menambah armada lagi. “Anggarannya belum cukup untuk tambah lagi,” pungkasnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia