Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Pedagang Bisa Pindah Akhir Tahun Depan

Struktur Pasar Kertosono Mulai Dikerjakan

08 November 2019, 11: 17: 04 WIB | editor : Adi Nugroho

Pasar

WAKTU MEPET: Sejumlah pekerja menggarap struktur bangunan Pasar Kertosono. Proyek tiga lantai yang dianggarkan total Rp 25 miliar itu harus tuntas akhir Desember nanti. (Sri Utami - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Ratusan pedagang Pasar Kertosono bisa menempati los dan kios di lokasi lama akhir tahun depan. Ini setelah dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR) memastikan untuk melanjutkan proyek tersebut tahun 2020 nanti.

Kepala Dinas PUPR Nganjuk Fadjar Judiono mengungkapkan, tahun ini proyek fisik Pasar Kertosono baru pada pengerjaan struktur saja. “Dibangun tiga lantai,” ujar Fadjar kepada koran ini.

Karenanya, dinas PUPR akan melanjutkan pembangunan pasar tahun depan. Senin (4/11) lalu, pihaknya membahas rencana kelanjutan pembangunan pasar dengan Komisi III DPRD Nganjuk.

Berapa anggaran yang dialokasikan untuk kelanjutan Pasar Kertosono? Ditanya demikian, Fadjar mengaku belum bisa menyebutkan. Alasannya, hingga minggu ini baru sebatas usulan. “Kalau belum disetujui, saya belum bisa menyebutkan,” lanjut Fadjar tentang etika pembahasan anggaran.

Meski demikian, dia memastikan jika akhir tahun depan ratusan pedagang Pasar Kertosono sudah bisa kembali menempati kios dan los mereka. “Seperti bangunan pasar sebelumnya. Dua lantai sudah bisa ditempati,” terangnya.

Bagaimana dengan bangunan di lantai 3? Ditanya demikian, Fadjar menjelaskan, bangunan lantai 3 merupakan bagian pengembangan. Karenanya, pemkab baru akan melanjutkan tahun 2021 nanti. “Prinsipnya akhir tahun depan sudah bisa untuk berjualan para pedagang seperti lokasi eksisting,” tandasnya.

Pantauan koran ini, sejumlah pekerja tengah menggarap pengerjaan struktur di lokasi Pasar Kertosono. Setelah membuat fondasi, di bagian utara pekerja mulai memasang rangka untuk persiapan pengecoran.

Adapun di sebelah selatan ada satu unit crane yang tengah memindahkan sejumlah material berat. Seperti desain pasar awal sebelum terbakar, struktur tiga lantai pasar hanya ada di pinggir pasar. Adapun bagian tengah dibiarkan menjadi los yang lebar.

Terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Nganjuk Agoes Soebagijo yang dikonfirmasi tentang kelanjutan pembangunan Pasar Kertosono menerangkan, pemkab berkomitmen agar para pedagang bisa segera meninggalkan tempat penampungan. “KUA-PPAS sudah dibahas. Pasti dilanjutkan pembangunannya,” urai Agoes.

Hanya saja, saat ditanya besaran anggaran untuk kelanjutan Pasar Kertosono, Agoes juga mengaku belum bisa menyebutkan. “Pemkab sudah mengusulkan tapi kan belum final. Nanti saja kalau sudah disepakati besarannya,” elak Agoes.

Seperti diberitakan, pembangunan struktur Pasar Kertosono dianggarkan Rp 25 miliar tahun ini. Sesuai surat perintah kerja (SPK), rekanan harus bisa menuntaskan proyek pada akhir Desember nanti atau kurang dari 60 hari.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia