Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Perbaikan Ditarget Tuntas November

PPK Proyek Percepat Waktu Perbaikan Jalan

06 November 2019, 10: 39: 26 WIB | editor : Adi Nugroho

PPK

LEBIH CEPAT: Sejumlah pekerja menggarap perbaikan dan peningkatan jalan di Jl Gatot Subroto, Kota Nganjuk, kemarin. Total ada ruas sepanjang 2,3 kilometer yang ditarget selesai November ini. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-November ini jalan Surabaya-Solo akan kembali mulus. Pasalnya, perbaikan jalan nasional yang tengah dikebut itu ditargetkan bisa tuntas akhir bulan ini.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Jalan Nasional Eli Sunarya mengatakan, proyek perbaikan jalan nasional Surabaya-Solo total mencapai 2,3 kilometer. “Kontraknya selesai akhir Desember, tapi kami targetkan selesai bulan ini,” ujar Eli.

Tak hanya perbaikan jalan, menurut Eli pihaknya juga melakukan pelebaran jalan. Yaitu menambah dua meter di satu sisi jalan. “Sudah selesai sekitar 50 persen,” lanjut Eli sembari menyebut rekanan juga menambah ketebalan aspal menjadi 10 sentimeter.

Lebih jauh Eli menjelaskan, peningkatan jalan ini sekaligus untuk memperbaiki kondisi jalan yang bergelombang dan berlubang. Di beberapa titik, didapati jalan yang retak dan membahayakan pengendara. 

Seperti yang terjadi di jalan Desa Nglundo, Sukomoro. Di sana masih ada beberapa titik jalan yang berlubang dan retak. Terkait adanya beberapa titik jalan yang mengalami kerusakan tersebut, Eli mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengecekan ulang. “Nanti kami lihat lagi,” tandas Eli sembari menyebut pemerintah berkomitmen untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Dikatakan Eli, perbaikan jalan di Nganjuk tidak hanya dilakukan di jalan nasional. Tetapi juga di jalan milik Kabupaten. “Kedepan ada kemungkinan peningkatan jalan. Dari jalan kabupaten bisa jadi nasional,” urainya.

Hanya saja, dia mengaku belum bisa menyebut titiknya secara detail. Eli hanya mencontohkan ada beberapa ruas jalan di Sukomoro dan Bagor yang digarap oleh PPK proyek jalan nasional atas persetujuan menteri. Eli menganggap pembangunan infrastruktur tersebut sebagai sinyal postif untuk pengembangan Nganjuk menjadi wilayah Industri.

Karenanya, jika ke depan ada permintaan untuk peningkatan jalan dari Bupati Novi Rahman Hidhayat atas persetujuan menteri, kami siap kerjakan,” terang Eli sembari menjelaskan Nganjuk saat ini kerap mendapat program prioritas nasional.

Dia juga tidak membantah jika pembangunan infrastruktur jalan tersebut erat kaitannya dengan rancangan pengembangan indutri tekstil di Nganjuk, yang masuk bagian barat Jawa Timur. Oleh sebab itu, pelebaran jalan nasional itu dikebut selesai hingga akhir tahun ini. “Terkait dengan program pengembangan industri,” tegasnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia