Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Lidah Mertua untuk Percantik Rumah

02 November 2019, 09: 19: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

Lidah Mertua untuk Percantik Rumah

Share this          

   Lidah mertua atau sansivieria merupakan tanaman hias yang sering menjadi dekorasi di lingkungan rumah. Alasan lain banyak masyarakat merawat dan memelihara tanaman ini selain karakteristik yang unik dan cantik, juga perawatan yang mudah.

  Hanya memerlukan sedikit sinar matahari dan air sudah bisa tumbuh tinggi dan sehat. Secara analogi tanaman ini memiliki daun tegak dank eras. Ujung yang runcing digunakan sebagai bentuk adaptasi dan protect atau perlindungan diri. Warna yang kontras antara belang hijau tua dan muda serta bergaris tepi kuning. Namun, tanaman ini memberikan manfaat lain selain hanya sebagai dekorasi rumah.

 Sebenarnya kandungan dari tanaman ini adalah pada setiap helai mengandung pregnane glycoside yang mampu membantu menguraikan senyawa beracun menjadi senyawa organic yang mudah diuraikan. Selain itu juga terdapat senyawa organic yang baik untuk manusia, seperti gula dan asam amino. Tanaman ini mampu menguraikan racun seperti karbon dioksida (CO2), benzene, formal dehid, kloroform, serta tri kotilen.

Manfaat lidah mertua di antaranya menyerap polusi terbanyak. Tanaman ini termasuk menjadi salah satu tanaman yang bisa menampung polusi terbanyak di antara tanaman yang lainnya. Yakni sekitar 107 polutan bisa diserap dalam tubuh dan dikeluarkan lagi dalam bentuk oksigen. Sangat bekerja baik jika anda hendak mengaplikasikan tanaman ini sebagai penghias ruang tamu sekaligus penyerap polutan rokok jika ada anggota keluarga anda yang merokok. Polutan atau polusi dapat menjadi salah satu penyebab kanker paling mematikan.

Kemudian membantu menyerap radiasi. Lidah mertua juga sangat aktif untuk membantu menyerap radiasi. Salah satunya radiasi yang ditimbulkan oleh barang barang elektronik. Sangat pas untuk menempatkan tanaman ini di area meja tamu atau ruang keluarga yang terdapat televise serta sering di pakai berkumpul. Selain menambah nilai point of view juga bisa di gunakan sebagai penyerap radiasi barang elektronik.

Kemudian kaya akan produksi oksigen (O2). Sansiviera ini merupakan salah satu model tanaman yang akan menghasilkan oksigen tinggi. Klorofil yang melimpah akan membantunya mempercepat melakukan fotosintesis. Hal ini yang menyebabkan tingkat oksigen yang di hasilkan oleh tanaman tinggi. Sangat baik di letakkan di ruang kumpul yang biasa di pakai merokok. Yakni sebagai penetralisir asap rokok yang mampu meracuni anggota keluarga yang lain.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia