Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Nikmatnya Buah Tin

02 November 2019, 09: 16: 11 WIB | editor : Adi Nugroho

Nikmatnya Buah Tin

Share this          

Buah tin atau yang memiliki nama ilmiah Ficus carica ini dulunya banyak tumbuh di Asia Barat. Buah yang satu ini sudah ada sejak dulu kala, bahkan muncul dalam kitab beberapa kepercayaan. Hal inilah yang kemudian membuat buah tin dijuluki sebagai buah surga.

Buah tin menjadi salah satu buah yang disebutkan dalam Al-Quran dan menjadi surat khusus bernama At-Tin. Dalam surat tersebut, Allah SWT bersumpah sesuatu yang agung dengan memakai nama buah Tin. Hal tersebut tertulis dalam Quran Surat At-Tin (95:1) berbunyi "Demi (buah) Tin dan (buah) Zaitun".

Buah tin sendiri memiliki kandungan vitamin, mineral, dan fitonutrien yang baik untuk tubuh. Vitamin yang terkandung dalam buah tin antar lain vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin K, dan vitamin B kompleks. Terdapat juga kandungan mineral meliputi tembaga, kalium, zat besi, mangan, magnesium, kalsium, zinc, sodium, dan selenium.

Tak hanya itu, buah tin juga mengandung fitonutrien dalam bentuk karotenoid yang sangat berguna sebagai senyawa antioksidan. Karotenoid yang terkandung dalam buah tin berupa beta-karoten, dan juga lutein dan zeaxanthin. Buah tin juga merupakan buah yang rendah kalori dan tidak memilki kandungan lemak.

Buah tin segar dapat disantap secara langsung, namun kamu juga bisa mengolahnya sebagai jus atau mencampurkannya dengan buah lain menjadi salad buah. Manfaat buah tin yang bisa didapatkan yaitu menjaga kesehatan jantung karena memiliki kandungan serat larut berupa pektin yang membuat buah tin memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah.

Selain itu menjaga saluran pencernaan sebab buah tin merupakan buah yang sering digunakan untuk mengatasi sembelit. Konsumsi buah tin secara rutin juga dipercaya dapat menurunkan risiko kanker kolon.

Manfaat lainnya adalah mengatasi anemia. Kurang darah atau anemia merupakan kondisi kurangnya kadar sel darah merah dalam tubuh yang disebabkan oleh berbagai sebab.

Buah tin juga baik untuk kesehatan mata. Buah tin dapat mencegah degenerasi makula yang merupakan penyakit yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan penglihatan hingga kebutaan. Manfaat ini bisa didapatkan dari buah tin dari kandungan vitamin A dan karotenoid yang ada di dalamnya

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia