Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Keampuhan Daun Sirsak

01 November 2019, 18: 32: 19 WIB | editor : Adi Nugroho

Keampuhan Daun Sirsak

Share this          

Manfaat daun sirsak untuk kesehatannyatanya sangat ampuh dalam hal mengobati penyakit. Sirsak adalah buah yang sangat mudah ditemui di Indonesia, rasanya manis dan asam menyegarkan.

Tak hanya segar, sirsak juga amat kaya dengan serat. Dalam 100 gram daging buah sirsak terdapat 3,3 gram serat yang sudah memenuhi 13 persen kebutuhan serat harian. Selain serat, sirsak juga mengandung karbohidrat dan kaya vitamin.

Untuk daunnya, diketahui bahwa meminum air rebusan memiliki keajaiban untuk tubuh. Rebusan air daun sirsak mengandung acetogenin, yaitu senyawa yang ampuh menyingkirkan racun dalam tubuh dan menyembuhkan beragam penyakit.

Manfaatnya di antaranya adalah mampu mengobati asam urat. Sebab tidak hanya untuk mengobati kanker, kandungan acetogenin dalam daun sirsak juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

Manfaat lainny adalah mengobati kolesterol, dengan merebus lalu meminum air rebusan daun sirsak, bunda dan suami juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi yang bisa menyebabkan penyakit serius. Kemudian mampu mengobati diabetes. Sebab senyawa yang ada pada daun sirsak sudah terbukti dapat menstabilkan jumlah kadar gula darah pada tubuh manusia dan menjadikannya normal.

Hal ini disebabkan daun sirsak kaya akan kandungan antioksidan seperti senyawa polifenol, saponin, dan bioflavonoid. Antioksidan berguna untuk melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas dan penyakit serius yang mengintai tubuh setiap saat.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia