Selasa, 18 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Beredar Kabar Pendaftaran CPNS di Kediri 11 November

29 Oktober 2019, 17: 42: 33 WIB | editor : Adi Nugroho

Lowongan CPNS Kediri

Lowongan CPNS Kediri (radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Kota Kediri akan melakukan penyesuaian anggaran pelaksanaan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tahun depan, mereka mengusulkan tambahan sekitar Rp 700 juta.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kediri Budwi Sunu mengatakan, pihaknya sudah memasukkan usulan anggaran pelaksanaan CPNS 2019 yang digelar Februari tahun depan. Alokasinya sekitar Rp 1 miliar. “Kami sudah usulkan di RAPBD (rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah) 2020,” kata Sunu didampingi Kepala BKPPD Kota Kediri Un Achmadi Nurdin.

Usulan di RAPBD 2020 itu kemarin sudah disampaikan ke DPRD Kota Kediri dalam rapat paripurna. Selanjutnya, badan angggaran (Banggar) DPRD dan tim anggaran pemerintah daerah (TAPD) Kota Kediri akan membahasnya secara detail.

Dari hasil rapat yang pernah diikuti BKPPD, Sunu mengungkapkan, tahun depan sebenarnya ada dua kali tes CPNS. Selain tes CPNS di bulan Februari, pemerintah pusat melaksanakan lagi di bulan Juli 2020. Di samping itu, tahun depan, ada tes lagi untuk rekrutmen pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK). “Jadi tahun depan, ada dua kali CPNS dan sekali PPPK,” ujar pria asal Kertosono, Kabupaten Nganjuk.

Dengan rencana tersebut, kata Sunu, pihaknya sudah menyiapkan anggarannya. Namun, usulan anggaran tersebut akan disampaikan saat rapat dengan Banggar DPRD Kota Kediri. “Kami usulkan Rp 700 juta. Nanti kami sampaikan di banggar,” ucapnya.

Untuk diketahui, sampai kemarin BKPPD belum mengetahui jumlah alokasi formasi CPNS. Pasalnya, surat dari Kementerian Pendayaagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) langsung disampaikan ke Wali Kota Abdullah Abu Bakar. “Kami menunggu petunjuk wali kota. Saat ini, masih mengikuti pelatihan Lemhanas (Lembaga Ketahanan Nasional),” ungkap Sunu.

Lalu kapan pendaftaran CPNS 2019 dibuka? Sunu mengaku, pemkot belum mendapat surat resmi dari Kemenpan dan RB. Namun dari kabar yang beredar, pendaftaran dibuka pada 11 November 2019. “Kami menunggu surat resminya,” ucapnya.

Dia melanjutkan, untuk persiapan pelaksanaan CPNS, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan mengundang BKD se-Indonesia di Semarang, Jawa Tengah (Jateng). Selain kepala BKD, BKN juga mengundang admin dan pendampingnya.

Kegiatan digelar pada Kamis (31/10) dan Jumat (1/11). “Barangkali agendanya persiapan pendaftaran CPNS,” pungkasnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia