Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Operasi Tertib Satpol PP: Copot Reklame Ilegal dan Membahayakan

24 Oktober 2019, 14: 53: 28 WIB | editor : Adi Nugroho

baliho satpol pp

PENERTIBAN: Satpol PP saat mencopot reklame ilegal dan membahayakan. (Didin Saputro - radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Satpol PP Kabupaten Kediri intensif menggelar operasi penertiban papan iklan ilegal. Seperti kemarin (23/10), setidaknya puluhan reklame dicopot karena tak memiliki izin pasang.

Kasi Opsdal Satpol PP Kabupaten Kediri Toni Subiyanto mengatakan, kemarin fokus penertiban di wilayah Kecamatan Ngadiluwih dan Kras. Tepatnya di kawasan tepi jalan nasional KM 22 yang menghubungkan dua kecamatan di wilayah selatan Kabupaten Kediri tersebut.

“Penertiban dilakukan terhadap reklame di sana, baik yang tidak berizin dan yang berizin namun berada di tempat yang dilarang,” ujarnya.

Tak hanya itu, Toni menyebut, reklame yang telah habis masa izinnya juga tak luput dari sasaran petugas yang melibatkan 15 personel tersebut. Hal itu, menurutnya, sesuai Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Kediri Nomor 3/2017. Yakni tentang perubahan ketiga atas Perda Nomor 1/2011 tentang pajak daerah dan Peraturan Bupati Kediri Nomor 42/2017 tentang petunjuk pelaksanaan pemungutan pajak reklame.

“Operasi penertiban reklame ini juga dilakukan agar masyarakat merasa nyaman di lingkungan Kabupaten Kediri,” imbuhnya.

Hal itu karena beberapa kerangka reklame sudah tidak layak atau rusak. Kondisinya berkarat dan keropos. Menurut Toni, hal itu sangat membahayakan masyarakat. Terutama pengendara yang melintas di jalan raya.  “Kami mengimbau kepada pemasang reklame agar mengurus izin pemasangannya terlebih dahulu. Serta pemasangannya pun jangan melarang peraturan,” tegasnya.

Larangan pemasangan ditempat yang tidak semestinya itu seperti dipaku pada pohon, dipasang pada tiang telepon, tiang traffic light, dan juga di jembatan. Tentu hal itu dilarang karena berada di fasilitas umum. Dari hasil operasi penertiban itu, bukti pelanggaran berupa banner, spanduk dan baliho disita dan disimpan di gudang satpol PP.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia