Kamis, 23 Jan 2020
radarkediri
icon featured
Politik

Bacalon Bupati Partai Nasdem: Cari Yang Memiliki Elektabilitas Tinggi

24 Oktober 2019, 14: 42: 30 WIB | editor : Adi Nugroho

partai nasdem

Bacalon Bupati Kediri (radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Penjaringan bakal calon bupati (bacabup) di internal Partai Nasional Demokrat (Nasdem) resmi ditutup, kemarin (23/10). Hingga hari terakhir pendaftaran, total ada enam kandidat yang mendaftarkan diri. Nanti, elektabilitas yang tinggilah yang menjadi acuan utama mendapatkan rekomendasi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kabupaten Kediri Lutfi Mahmudiono mengatakan, pendaftaran resmi ditutup kemarin. Kandidat yang ingin mendaftar diberi kesempatan hingga pukul 16.00 WIB untuk mengumpulkan berkas persyaratan penjaringan di internal partainya.

“Selanjutnya kami akan melakukan verifikasi berkas. Ini untuk melihat kelengkapan pendaftar,” terangnya.

Di hari terakhir pendaftaran, Lutfi mengungkapkan, ada tiga calon yang datang ke kantor Partai Nasdem di Jalan Bagawanta Bhari, Desa Gogorante, tersebut. Mereka adalah Insaf Budi Wibowo, Tjujuk Sunario, dan Arif Wijaya.

Sebelumnya di pekan pertama pendaftaran telah ada tiga bakal cabup, seperti Wabup Masykuri Ikhsan, Subani Suryo Atmojo, dan Muhamad Ridwan. “Dari nama-nama itu, Nasdem akan menentukan calon yang memiliki elektabilitas tinggi,” sebutnya.

Dengan demikian, Lutfi menyatakan, mulai saat ini kandidat yang telah mendaftar agar melakukan langkah-langkah kerja politis. Tentu hal itu diharapkan bisa mendapat elektabilitas tinggi dan lebih dikenal oleh masyarakat.

Partai Nasdem memang merupakan partai yang memiliki daya saing berat pada pesta demokrasi Pemilihan Bupati (Pilbup) Kediri 2020 mendatang. Tentu persiapan seperti penjaringan ini dilakukan untuk bisa menjadi yang terdepan pada pilbup tahun depan.

“Nanti apabila sudah ada rekom dan kepada calon yang lolos, harus memiliki visi-misi melakukan perubahan untuk Kabupaten Kediri menjadi lebih baik,” tegas Lutfi.

Disinggung terkait langkah selanjutnya, ia mengatakan, dalam satu minggu ini akan melakukan verifikasi berkas pendaftar. Itu untuk mengetahui kekurangan yang perlu dilengkapi.

“Jadi kalau ada berkas yang kurang maka akan kami sampaikan kepada pendaftar. Salah satunya adalah berkas dengan cetakan yang kurang jelas, atau visi-misi yang kurang lengkap,” paparnya.

Sementara langkah selanjutnya, yakni pada 31 Oktober nanti, berkas akan dikumpulkan ke DPW Partai Nasdem Provinsi Jatim untuk dilakukan penilaian. Terkait kandidat yang kuat, Lutfi mengaku, belum bisa menilainya. Yang jelas, ia menyebut, semua bakal calon memiliki kesempatan yang sama.

Namun, Lutfi mengakui bahwa kedatangan Wabup Masykuri ke partainya merupakan hal yang cukup memberikan nilai lebih. Menurutnya, Masykuri merupakan salah satu kader terbaik di Kabupaten Kediri. “Saya yakin Pak Masykuri memiliki komitmen yang tinggi untuk membangun Kediri menjadi lebih baik,” ulasnya.

Bahkan dengan visi dan misi yang dicanangkan Wabup Masykuri untuk membenahi Kabupaten Kediri semakin lebih baik lagi mendapat respons positif dari Partai Nasdem.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia