Kamis, 12 Dec 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Mentimun Bisa Cegah Sakit

23 Oktober 2019, 18: 04: 41 WIB | editor : Adi Nugroho

Mentimun Bisa Cegah Sakit

Share this          

Bagi masyarakat Indonesia, mentimun atau banyak orang menyebutnya dengan timun adalah buah yang umumnya tersedia sebagai pelengkap di dalam lalapan, acar atau salad.

Meski dianggap sebagai pelengkap, buah yang memiliki nama latin cucumis sativus ini menyimpan banyak manfaat untuk tubuh. Buah mentimun memiliki warna hijau, hijau muda atau biasanya kita juga menjumpai dengan larik berwarna putih kekuningan.

Semakin tua mentimun atau melebihi masa panennya maka warnanya akan berubah menjadi lebih pucat bahkan sampai mendekati warna putih. Bentuk dari mentimun sendiri menyerupai silinder dengan ujung agak lonjong dan daging buahnya berwarna putih adapun yang berwarna agak kekuningan dengan rasa yang segar karena memiliki kandungan air yang banyak.

Mentimun mengandung 0,65 persen protein, 0,1 persen lemak dan karbohidrat sebanyak 2,2 persen. Juga mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosforus, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

Beberapa Manfaat mentimun bagi tubuh di antaranya mengatasi bengkak di sekitar mata. Manfaat mentimun yang paling umum diketahui masyarakat adalah kemampuannya mengatasi mata bengkak. Mata bengkak karena tidur terlalu larut atau mata lelah akibat bekerja di depan komputer terlalu lama.

Menjaga kesehatan ginjal. Buah mentimun mengandung silikon, fluorin, dan kalium, dan memiliki kadar kalori yang rendah, sehingga manfaat timun mampu membantu merangsang ginjal untuk membuang sisa metabolisme dan deposit lemak di dalam tubuh. Juga membantu tubuh tetap terhidrasi. Manfaat mentimun lainnya adalah menjaga tubuh tetap terhidrasi. Mentimun mengandung 95,2 persen air, yang berarti bahwa 5 ons porsi mengandung 4,8 ons atau 150 ml air. Itu artinya sudah sekitar 26 persen asupan air harian Anda terpenuhi oleh timun. Manfaat lainnya mencegah sembelit. Mentimun mengandung banyak air dan kulit mentimun mengandung serat yang tidak larut. Baik air dan serat dalam mentimun dapat membantu makanan dicerna lebih cepat dan lebih muda, yang pada akhirnya membantu mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, manfaat mentimun adalah menurunkan tekanan darah atau hipertensi. Sebab kandungan kalium mentimun dipercaya dapat membantu menurunkan tekanan darah karena kalium dapat mengatur jumlah garam pada ginjal. Bagi penderita hipertensi, biasanya dalam tubuh terdapat kadar sodium yang terlalu tinggi.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia