Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Ragam Olahan Jagung

23 Oktober 2019, 17: 58: 39 WIB | editor : Adi Nugroho

Ragam Olahan Jagung

Share this          

Tanaman jagung adalah jenis tanaman pangan penting dunia yang menghasilkan karbohidrat selain gandum dan padi. Tanaman jagung merupakan tanaman pangan pokok di sebagian belahan dunia dan bahan pangan olahan

            Seperti minyak jagung dan bahan dasar tepung maizena, bioenergy, bahan kosmetik. Selain itu untuk kebutuhan pangan ternak. Untuk pakan ternak tanaman jagung digiling atau diselep buah jagung atau seluruhnya dari batang sampai buah sebagai sumber karbohidrat.

Tanaman jagung tumbuh di dataran rendah sampai tinggi hingga 1.200 meter dpl, memerlukan media tanah lempung, lempung berpasir, tanah vulkanik, yang subur, gembur, dan kaya bahan organic. Memerlukan sinar matahari minimal 8 jam per hari, suhu udara 20-33 derajat celsius, curah hujan sedang, ph tanah 5,5-7 dengan drainase yang baik.

Hama yang menyerang tanaman jagung antara lain: Ulat tanah, Ulat grayak, ulat penggerek polong.  Sedangkan untuk penyakit yang menyerang tanaman ini antara lain: bulai, bercak daun, hawar daun, busuk pelepah, busuk batang.

Pengendalian hama dan penyakit ini bisa menggunakan agen hayati atau musuh alami. Namun, jika serangan hama dan penyakit sudah melebihi ambang batas, bisa diaplikasikan penggunaan pestisida untuk pengendalian hama dan penyakit.

Tanaman jagung dapat dipanen mulai umur 105 hari tergantung dari varietasnya. Ciri – ciri tanaman jagung yang siap untuk dipanen di antaranya daun sudah kering 80 persen. Kulit atau klobot jagung sudah kering, buah jagung padat dan keras, warna buah jagung bening/mengkilat

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia