Jumat, 15 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Ratusan Juta Rupiah untuk Pengembangan Dua Tempat Wisata

Rehab TRAL dan Roro Kuning Jadi Prioritas

23 Oktober 2019, 09: 46: 42 WIB | editor : Adi Nugroho

Jihan

JADI JUJUKAN: Penyanyi dangdut Jihan Audy melakukan syuting video klip di Air Merambat Roro Kuning. Tahun ini, objek wisata di Desa Bajulan, Loceret itu akan direhab. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

LOCERET, JP Radar Nganjuk- Objek wisata Air Merambat Roro Kuning di Desa Bajulan, Loceret, dan Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL) di Kelurahan Ploso, Kecamatan Nganjuk, jadi prioritas rehab. Dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) tahun ini, pemkab menganggarkan dana ratusan juta rupiah untuk perbaikan dua objek wisata di Kota Angin itu.

Data yang dihimpun koran ini menyebutkan, di awal 2019 pemkab menganggarkan dana pengembangan pariwisata Rp 115 juta. Selanjutnya, di PAK ditambah Rp 508,4 juta menjadi Rp 623,4 juta.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, Olahraga dan Kebudayaan (Disparporabud) Nganjuk Supiyanto melalui Kasi Sejarah, Seni, Tradisi, Museum dan Kepurbakalaan Amin Fuadi yang dikonfirmasi tentang pengembangan wisata di Nganjuk membenarkannya. “Masih akan kami bahas lagi bersama eksekutif dan legislatif,” ujarnya.

Lebih jauh Amin mengatakan, selain penambahan anggaran di PAK tahun ini, rencananya disparporabud akan mengusulkan anggaran lagi tahun depan. “Targetnya tahun 2021 bisa tuntas,” lanjutnya.

Untuk apa saja dana pengembangan pariwisata senilai ratusan juta rupiah itu? Ditanya demikian, Amin tidak memerinci secara detail. Meski demikian dia menyebut, sebagian dana di antaranya untuk membangun gapura di wisata Taman Rekreasi Anjuk Ladang (TRAL). Yaitu, senilai Rp 240 juta.

Selanjutnya, Rp 75 juta digunakan untuk merehab pintu air dan cekdam. “Sebenarnya lokasi parkir, bumi perkemahan juga perlu direhab. Jalan juga perlu dilebarkan,” terangnya.

Terkait rincian perbaikan tersebut, Amin mengungkapkan, pihaknya masih perlu berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah terkait. Termasuk dengan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR). “Untuk pengembangan Roro Kuning masih ada kendala karena tempatnya berada di wilayah Perhutani,” tandasnya.

Untuk diketahui, selain Air Terjun Sedudo, Air Merambat Roro Kuning juga cukup populer. Sejumlah artis mendatangi tempat di lereng gunung Wilis tersebut. Kemarin, penyanyi dangdut Jihan Audylia Arinde Silva atau Jihan Audy melakukan syuting video klip di sana. “Saya suka tempatnya,” ujar gadis asal Mojokerto ini.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia