Selasa, 19 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Ilvia Dhiya Unnada

Santri yang Mengajar di Thailand

22 Oktober 2019, 10: 41: 34 WIB | editor : Adi Nugroho

santri

(Ilvia Dhiya Unnada for radarkediri.id)

Share this          

Santri berprestasi. Predikat itu pantas disematkan kepada Ilvia Dhiya Unnada. Tak sekadar memperdalam ilmu agama, santri berusia 21 tahun itu kini juga aktif menjadi pendidik di Thailand.

Gadis yang juga lulusan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung ini mengajar di Provinsi Pattani, Thailand Selatan. “Awalnya saya ikut seleksi KKN (kuliah kerja nyata, Red) internasional ke Thailand,” ujarnya tentang kegiatan yang dimulai akhir 2018 lalu itu.

Sebulan berada di negeri Gajah Putih itu, Ilvia diharuskan pulang ke Nganjuk. Rupanya, tak lama di kampung halaman rasa kangen mulai muncul. Mahasiswa jurusan bahasa Inggris IAIN Tulungagung itu pun segera menyelesaikan skripsi agar bisa kembali lagi ke Thailand.

Santri Ponpes Miftahul ‘Ula Al Ainy, Kertosono ini pun mencari lowongan mengajar ke Thailand setelah lulus. “Saya memilih berangkat (ke Thailand, Red) dari pada ikut wisuda, kan saya sudah lulus,” kenangnya sambil tertawa.

Mengapa senang mengajar di Thailand? Rupanya Ilvia mengaku tertantang. Dia merasa ada hal unik dengan pendidikan di Thailand. Kultur yang berbeda membuatnya ingin menjadi pendidik yang lebih sabar. “Anak-anak setingkat SMP dan SMA terbiasa mengangkat kaki di dalam kelas,” lanjutnya mencontohkan.

Karenanya, selama di Thailand dia ingin mengubah kebiasaan tersebut. Tidak sekadar melatih siswa untuk belajar menulis, tetapi berusaha mengubah kebiasaan siswa tanpa adanya unsur kekerasan dalam pembelajaran.

“Saya teringat pesan Bu Nyai Juwariyah yang ingin santriwatinya berada di tempat di mana kami (santriwati, Red) dibutuhkan,” bebernya. Hal itu pula yang membuatnya bersemangat menjadi pendidik di sekolah Islam di Thailand. Di sana, dia bisa mengajar bahasa Inggris sekaligus berdakwah.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia