Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Bulan Ini Mulai Pendaftaran CPNS di Kota Kediri

20 Oktober 2019, 14: 29: 26 WIB | editor : Adi Nugroho

Lowongan CPNS Kediri

Lowongan CPNS Kediri (radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kediri sudah memastikan jadwal tahapan tes calon pegawai negeri sipil (CPNS). Setelah pendaftaran dimulai bulan ini, pelaksanaan ujian dengan sistem computer assisted test (CAT) digelar pada Februari 2020.

Kepala BKPPD Kota Kediri Un Achmadi Nurdin mengatakan, alokasi formasi yang turun hanya untuk CPNS. Sedangkan rekrutmen formasi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) ditiadakan. “Alokasi formasi dari pemerintah pusat sudah turun 11 Oktober lalu,” kata Un kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Hanya saja, pihaknya belum bisa menyampaikan formasi CPNS untuk Kota Kediri. Pasalnya, surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB) langsung ditujukan kepada wali kota. “Jadi sekarang suratnya masih di Pak Wali. Kami (BKPPD, Red) juga belum tahu yang turun berapa,” kilahnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemkot Kediri mengusulkan sebanyak 532 formasi. Rinciannya, usulan rekrutmen CPNS sebanyak 307 formasi. Sedangkan PPPK berjumlah 225 formasi. Dengan dihapusnya rekrutmen PPPK, diperkirakan jumlah formasi CPNS yang turun untuk Kota Kediri sekitar 300 posisi.

Dari formasi yang diusulkan, terbanyak untuk guru dan tenaga kesehatan. Persentasenya sampai 60 persen. Sedangkan sisanya untuk tenaga teknis di organisasi perangkat daerah (OPD). Di antaranya adalah arsitek, teknik sipil, dan listrik.

Terkait tidak dibukanya rekrutmen PPPK, Un mengungkapkan, Kota Kediri sebenarnya sudah mendapat jatah formasi tersebut pada Januari lalu. Yakni, formasi penyuluh pertanian dan guru. Namun, sampai sekarang, surat keputusan (SK) pengangkatan PPPK di Kota Tahu belum turun. “Barangkali itu yang menyebabkan formasi PPPK tidak ada. Karena kami masih punya jatah tahun ini,” terangnya.   

Lebih jauh dia mengatakan, pelaksanaan tes CPNS tahun ini digelar pada Februari 2020. Namun soal tanggal tes, pemerintah pusat belum menerbitkan jadwalnya. “Hanya perkiraan minggu kedua atau ketiga,” ungkap pria yang pernah berdinas di Kantor Pemberdayaan Masyarakat (KPM) Kota Kediri ini.

Meski dimulai tahun depan, Un melanjutkan, tahapan pendaftarannya sudah dibuka mulai bulan ini. Untuk pengumuman pendaftaran CPNS akan dibuka pada 25 Oktober 2019. Pendaftaran dilakukan secara online seperti rekrutmen CPNS tahun sebelumnya.

Setelah itu, tahapan seleksi administrasi dimulai pada November 2019. Kemudian di bulan Desember untuk pengumuman peserta yang lolos administrasi. “Bulan Januari (2019), ada masa sanggah. Lalu dilanjutkan pelaksanaan di bulan Februari,” ujarnya.

Dari hasil rapat yang diikuti di Jakarta pada Kamis lalu (17/10), Un mengatakan, tahun depan ada dua kali tes CPNS. Setelah tes pada Februari, tahapan CPNS 2020 dimulai Juli. “Begitu pula ada kemungkinan PPPK baru dibuka lagi tahun depan,” pungkasnya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia