Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Kaya Manfaat Rosela

16 Oktober 2019, 18: 14: 05 WIB | editor : Adi Nugroho

Kaya Manfaat Rosela

Share this          

Rosela merupakan tanaman cantik yang sangat kaya akan manfaat. Tanaman tersebut diolah dan diproduksi dalam berbagai macam produk kemasan minuman, makanan, obat-obatan tradisional dan bahan alami produk kecantikan.

Tanaman ini sangat baik untuk dikonsumsi karena memiliki khasiat yag dapat menyehatkan bagi tubuh. Pucuk dan daun rosela dapat dikonsumsi sebagai lalap atau direbus. Kelopak bunga dapat digunakan sebagai bahan pewarna dalam pembuatan sirup atau selai. Kelopak bunga rosela dapat dikeringkan dan disimpan untuk digunakan dikemudian hari.

Rosela dikemas secara praktis dalam bentuk teh celup dan telah banyak dipasarkan di toko obat herbal, swalayan dan apotik. Kandungan antioksidan yang terdapat pada bunga rosela sangatlah tinggi dan mampu meredam radikal bebas yang memicu pertumbuhan sel kanker.

          Semakin pekat atau gelap warna merah bunga rosela, maka semakin tinggi kadar antioksidan yang terkandung di dalamnya, dan semakin asam rasa yang dikeluarkan.

Manfaat tambahan setelah mengonsumsi olahan teh rosela ialah dapat mengatasi batuk dan sakit tenggorakan, meningkatkan daya tahan tubuh serta stamina, dan menormalkan kadar gula dalam darah.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia