Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Dinas Pendidikan Kota Kediri Bagikan Dasi, Topi dan Ikat Pinggang

13 Oktober 2019, 16: 29: 33 WIB | editor : Adi Nugroho

seragam gratis

SASARAN PROGRAM: Para siswa SDN Banjaran Kota Kediri saat pulang sekolah. Mereka termasuk pelajar yang akan menerima perlengkapan seragam dari disdik. (Anwar Basalamah - radarkediri.id)

Share this          

 KOTA, JP Radar Kediri– Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Kediri tidak hanya membagikan kain seragam kepada siswa baru SD dan SMP. Mereka juga akan memberikan perlengkapan seragam sekolah gratis. Di antaranya berupa ikat pinggang, dasi, dan topi nasional.

Selain kain seragam, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdik Kota Kediri Ibnu Qoyim mengatakan, pihaknya memang membagikan perlengkapan seragam sekolah. Penerimanya adalah siswa baru SD dan SMP.

“Kami lengkapi (seragam) dengan perlengkapannya,” terangnya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Ibnu mengungkapkan, perlengkapan seragam sekolah yang dibagikan nanti meliputi topi nasional, dasi, hasduk, kolong, dan ikat pinggang. Di masing-masing tingkatan, ada tiga paket yang dilelang. “Untuk SD tiga paket, SMP tiga paket,” ungkapnya.

Ibnu menambahkan, nilai pengadaan setiap paket di bawah Rp 200 juta. Karena itu, disdik melakukan penunjukan langsung (PL) untuk penyedia barang-barang tersebut. “Semua paket nontender,” ujar pria yang pernah berdinas di Dinas Sosial (Dinsos) Kota Kediri ini.

Dari tiga paket pengadaan, paket pertama meliputi dasi, topi nasional, dan pramuka. Sedangkan paket kedua adalah hasduk dan kolong. Adapun paket ketiga meliputi ikat pinggang nasional dan pramuka.

Untuk paket pertama di SD dan SMP, nilainya masing-masing sekitar Rp 139 juta dan Rp 179,5 juta. Yang paket kedua, nilainya Rp 105,7 juta untuk SD dan Rp 136,5 juta untuk SMP. Terakhir paket ketiga, di SD sebesar Rp 147,8 juta dan Rp 190,8 juta.

Lebih jauh Ibnu mengatakan, masing-masing paket pengadaan dibuat pada pertengahan Agustus lalu. Disdik sudah menentukan rekanan yang menyediakan perlengkapan sekolah. Dengan demikian, kini mereka tinggal membagikannya kepada siswa baru. “Sudah kami tentukan penyedianya,” ucapnya.

Hanya saja, lanjut Ibnu, perlengkapan sekolah itu tidak langsung diserahkan ke siswa baru. Namun, lanjut dia, nantinya pembagian berbarengan dengan kain seragam untuk SD dan SMP.

Seperti diketahui, disdik menargetkan pembagian kain seragam gratis SD akan diberikan pada pertengahan bulan ini. Senin besok (14/10), dinas akan membawa kain ke laboratorium (lab) di Jogjakarta. Tujuannya, untuk pengecekan kualitasnya. Diperkirakan, pengecekan tersebut paling cepat tuntas selama satu minggu.

Sedangkan kain seragam SMP waktunya lebih molor. Pada Jumat lalu (11/10), disdik baru saja menunjuk pemenang lelangnya. Karena itu, kain seragam putih-biru dan pramuka itu diperkirakan baru dibagikan pada Desember nanti. Sebelumnya, keterlambatan tersebut disebabkan tender ulang.

Pengadaan Perlengkapan Seragam

Paket                    SD                        SMP

Pertama      Rp 139 juta                    Rp 179,5 juta

Kedua         Rp 105,7 juta       Rp 136,5 juta

Ketiga         Rp 147,8 juta       Rp 190,8 juta

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia