Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Polres Nganjuk Kirim Air Bersih ke Desa Gampeng

Sarankan Penggunaan DD untuk Atasi Kekeringan

12 Oktober 2019, 10: 32: 37 WIB | editor : Adi Nugroho

Air

BERI TELADAN: Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto menuangkan air ke ember dan jeriken warga Desa Gampeng, Ngluyu, yang kemarin mengantre. Polres Nganjuk akan mengirim air bersih ke wilayah kekeringan lainnya. (Rekian - radarkediri.id)

Share this          

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Polres Nganjuk ikut mengatasi kekeringan di Nganjuk. Sekitar pukul 14.30 kemarin, satu unit mobil water canon Polres Nganjuk mengirimkan air bersih ke Desa Gampeng, Ngluyu. Kapolres Nganjuk AKBP Handono Subiakto juga ikut memantau distribusi air untuk warga di wilayah paling utara Nganjuk itu.

Pantauan koran ini, tak hanya memantau pembagian air bersih, perwira dengan pangkat dua melati di pundak itu juga turut mengisi jeriken warga yang mengantre di beberapa tandon Desa Gampeng. “Di sini hampir setiap tahun saat musim kemarau selalu mengalami kekeringan, harus ada solusi,” ujarnya.

Agar kekeringan di sana tak berkepanjangan, Handono menjelaskan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Nganjuk. Kemarin orang nomor satu di Polres Nganjuk itu juga mengajak pihak kecamatan dan desa untuk mencari solusi jangka panjangnya. “Sekarang ada anggaran dari dana desa, kalau bisa dialokasikan untuk pengeboran saya pikir tidak ada masalah,” lanjutnya.

Gayung bersambut, pihak desa dan kecamatan sudah menyiapkan pengeboran sumur untuk memenuhi kebutuhan warga yang mengalami kekeringan. “Tadi dari desa dan kecamatan menyebutkan sudah ada beberapa titik koordinat yang bisa dimanfaatkan untuk penggalian sumur bor,” terang Handono.

Tak hanya berdiskusi dengan pihak kecamatan dan perangkat desa, Handono juga menyapa puluhan warga yang kemarin antre air. “Saya berharap bantuan dari Polres Nganjuk ini bisa bermanfaat bagi warga Ngluyu,” ujar pria yang kemarin juga membantu membawa timba air milik lansia hingga ke rumahnya itu.

Perwira yang pernah menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu menjelaskan, polisi harus bisa hadir setiap masyarakat mengalami kesulitan. Kehadirannya di Desa Gampeng, Ngluyu, kemarin menurut Handono sekalisug sebagai contoh kepada anggotanya.

Yaitu, agar mereka mau melayani masyarakat dengan tulus. “Bukan malah minta dilayani,” tandasnya di depan sejumlah perwira Polres Nganjuk dan warga setempat.

Handono berujar, pengiriman air bersih dari Polres Nganjuk akan dilakukan secara terus menerus. Selain di Desa Gampeng, Ngluyu, bantuan air bersih juga akan disalurkan ke beberapa desa lain yang mengalami kekeringan. “Ada banyak titik, nanti didata lagi lalu dibantu,” tuturnya.

Terpisah, Camat Ngluyu Sudjito berujar, kekeringan di wilayahnya sudah terjadi selama tiga bulan. “Tahun ini lebih parah dari tahun sebelumnya,” urainya.

Untuk penyelesaian jangka panjang, pihaknya akan menggelar pertemuan lintas sektor. Selain mengajak badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), kecamatan juga mengajak perwakilan perhutani, LMDH, koramil, ponsel dan jajaran lainnya untuk duduk bersama. “Salah satu solusi menggunakan (pengeboran, Red) geolistrik,” tegas Sudjito.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia