Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Keuntungan Budidaya Jamur Tiram

10 Oktober 2019, 15: 48: 56 WIB | editor : Adi Nugroho

Keuntungan Budidaya Jamur Tiram

Share this          

Jamur Tiram merupakan salah satu jamur edible atau dapat dimakan yang sudah banyak dikonsumsi masyarakat. Jamur ini mempunyai rasa yang khas serta mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi.

Jamur dapat dikonsumsi sebagai sayuran atau dapat juga digunakan sebagai bahan olahan. Seperti keripik jamur atau makanan ringan lainnya. Jamur tiram mempunyai banyak nutrisi serta bisa juga digunakan sebagai obat. 

Jamur mempunyai kandungan protein sebesar 31 persen dan mengandung asam amino esensial yang mencakup kebutuhan manusia. Enzim pada jamur menghasilkan amino esensial yang mampu menurunkan hipertensi, mengurangi kolesterol, dan memperbaiki sirkulasi darah.

Budidaya jamur memiliki beberapa keuntungan. Di antaranya adalah yang pertama, dalam budidayanya, jamur tidak memerlukan lahan yang luas. Kedua, sampah dari budidaya jamur dapat diubah menjadi pupuk untuk tanaman lain serta mampu menggemburkan tanah. Serta yang tidak kalah penting yang ketiga adalah jamur memiliki kandungan protein dan mineral tinggi yang mampu menyehatkan tubuh kita.

Tubuh jamur terdiri atas akar, batang, cincin dan tudung. Tudung terdiri atas bilah-bilah atau lamella yang pada permukaan bawahnya terdapat spora. Bagian tubuh jamur yang dipanen adalah bagian tubuh buah jamur. Secara pemanen jamur tiram dapat dilakukan lebih dari 9 kali dalam kurun waktu 1,5 bulan. Namun, hal ini tergantung pemeliharaan dan kebersihan kumbung.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia