Rabu, 13 Nov 2019
radarkediri
icon featured
PERSIK KEDIRI

Tuding Laga Persik Kediri Dijual

Manajer Bantah Mengalah dari Sulut United

10 Oktober 2019, 14: 39: 51 WIB | editor : Adi Nugroho

TERBANG: Aksi Taufiq Febriyanto saat melawan Sulut United.

TERBANG: Aksi Taufiq Febriyanto saat melawan Sulut United.

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Kekalahan Persik di laga pengujung penyisihan grup begitu mengecewakan hati Persikmania. Kekalahan 1-2 dari Sulut United, Selasa (8/10) lalu membuat patah hati fans setia Persik. Mereka pun menumpahkan kekecewaan itu di semua media sosial (medsos) milik Persik Kediri. Baik itu di Instagram (IG) maupun Facebook (FB).

Ironinya, Persikmania yang kecewa itu menuding pihak manajemen ‘menjual’ laga pamungkas di Grup Timur tersebut. Intinya, mereka menuding skuad Macan Putih sengaja mengalah dari tim asal Manado tersebut.

Bukan tanpa alasan Persikmania menuduhkan itu di medsos. Mereka punya alasan. Selama ini hasil pertandingan kandang Persik selalu impresif. Terutama di leg kedua. Sebelum laga melawan Sulut United itu, Faris Aditama dkk selalu menang di kandang. Bahkan, lima pertandingan itu dilalui dengan clean sheet alias tidak pernah kebobolan!

Persik di Liga 2 Indonesia

Persik di Liga 2 Indonesia (radarkediri.id)

Tim-tim kuat di grup ini mampu mereka tundukkan. Seperti Mitra Kukar, PSIM Jogjakarta, Persiba Balikpapan, dan Persis Solo. Karena itu, di mata para suporter, pertandingan melawan Sulut United seharusnya juga berakhir dengan kemenangan. Sekaligus memantapkan posisi di puncak klasemen.

Sayangnya, ekspektasi itu berubah total. Persik tidak bermain seperti biasanya. Pelatih Budiardjo Thalib juga menurunkan kiper cadangan,  Syaiful Amar. Mereka pun ketinggalan dua kali. Bahkan, saat tertinggal 2-1, di menit ke-61 pria asal Makassar itu justru menarik Wimba Sutan yang berposisi sebagai striker dengan memasukkan Muhammad Fahad Abdullah seorang bek. Usai pertandingan, Budi mengaku pergantian itu merupakan bagian dari rotasi pemain.

Performa buruk dan pergantian pemain yang kurang tepat itulah yang memunculkan tudingan laga tersebut ‘dijual’. Apalagi, Sulut United membutuhkan kemenangan agar lepas dari jurang degradasi. Sementara Persik sudah memastikan lolos ke 8 besar.

Sejumlah netizen pendukung Persik pun meluapkan kekecewaannya di IG dan FB Persik. Misalnya akun @_adit_stutjack yang menulis,“efek menyepelekan...dan kelihatan jelas settingan”. Lalu ada akun @alann_bachtiar yang mengatakan, “kalo persik tidak jujur dalam laga ini, saya doakan gagal di 8 besar. Aminnn”. Juga akun @ilhamrky yang menuding,”Dituku piro to maeng iki?”.

Selain itu, mereka juga menanyakan ke manajer soal kekalahan itu. “kok kelihatan ada yang janggal pak manager? apa ada dalang di balik kekalahan persik?”, tulis akun @widianto_andri.

Lalu, bagaimana tanggapan manajemen Persik atas tudingan tersebut? Manajer Benny Kurniawan langsung membantah. Dia mengatakan tidak ada pengaturan dalam pertandingan melawan Sulut United.

“Saya pastikan 1.000 persen tidak ada pengaturan,” kata Benny saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Kediri.      

Menurutnya, kekalahan tersebut murni karena kesalahan strategi. Selain itu, performa pemain kurang baik. Ditambah lagi, tim lawan yang sedang menanjak grafik permainannya. “Ini murni kesalahan strategi,” kilahnya.

Benny memastikan Persik Kediri tetap berada di jalur yang lurus. Tidak akan menjual atau mengalah dari tim lain. “Insya Allah Persik tetap istiqamah (di jalan yang lurus, tidak menjual pertandingan, Red),” tandas Benny.

Sebenarnya Benny pun sudah mengklarifikasi tentang tuduhan menjual laga di medsos IG dan FB-nya. Sedangkan, sebelumnya, arsitek Budiardjo memang mengakui permainan Sulut United lebih bagus dibanding anak asuhnya.

Sekali Kalah di Tiap Putaran

Performa Persik di Stadion Brawijaya tergolong moncer. Mereka hanya menderita dua kali kekalahan. Menariknya, kekalahan itu dibagi rata di tiap putaran.

Putaran 1

 

Persik v PSBS Biak : 4-0

Persik v Martapura FC : 1-1

Persik v Persewar : 0-2

Persik v Persatu : 2-0

 

Putaran 2

Persik v PSIM : 2-0

Persik v Persis : 1-0

Persik v Persiba : 2-0

Persik v Mitra Kukar : 2-0

Persik v Madura FC : 2-0

Persik v Sulut United : 1-2

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia