Senin, 21 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Merawat Bunga Anggrek: Rumah Cantik, Penghasilan Naik

26 September 2019, 14: 08: 54 WIB | editor : Adi Nugroho

Merawat Bunga Anggrek: Rumah Cantik, Penghasilan Naik

Share this          

Bunga anggrek termasuk salah satu tanaman hias yang populer di Indonesia. Banyak sekali orang yang menggunakan waktu luangnya untuk menanam bunga anggrek di rumah karena bisa membuat rumah lebih cantik.

Di Kabupaten Kediri sudah banyak dikembangkan dan dibudidayakan beberapa jenis anggrek. Wilayah di kabupaten Kediri yang sudah membudidayakan anggrek dan menjadi sentral bunga anggrek adalah di wilayah Kecamatan Ngancar, Kecamatan Wates, dan Kecamatan Ngasem.

Di wilayah tersebut sudah ada kelompok tani yang khusus membudidayakan tanaman anggrek. “Sebagian besar kelompok tani yang mengembangkan anggrek adalah kelompok wanita tani (KWT),” terang Tri Hadi dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri.

Anggotanya biasanya terdiri dari ibu rumah tangga di lingkungan tersebut. Selain untuk pengembangan tanaman anggrek, kelompok wanita tani juga bertujuan untuk melestarikan beberapa jenis anggrek yang sudah dianggap langka dan sulit didapatkan. Pengembangan anggrek di Kabupaten Kediri juga memberikan tambahan penghasilan untuk masyarakat di wilayah tersebut. Mengingat harga jualnya yang cukup tinggi.

Bunga anggrek dapat tumbuh dengan baik di wilayah Kabupaten Kediri karena memang tanaman anggrek bisa hidup di daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar.

Oleh karena itu, kita tidak perlu khawatir untuk melakukan pemeliharaan anggrek di halaman rumah. Asalkan perawatan anggrek sesuai dengan kriteria lingkungan yang dibutuhkan.

Berikut tips dalam merawat bunga anggrek agar tanaman tetap tumbuh sehat dan menghasilakn bunga yang indah. Di antaranya penyiraman agar tidak mati karena kekurangan air. Tidak disarankan untuk menggunakan air yang sudah bercampur dengan bahan kimia dan air.

Berikan sinar matahari untuk untuk mendukung pertumbuhannya. Kita bisa menempatkan bunga anggrek pada area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Bunga anggrek termasuk tanaman tropis yang bisa bertahan pada lingkungan yang cukup lembap. Juga berikan pupuk agar menjaga tanaman tetap sehat dan tumbuh secara optimal.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia