Senin, 21 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Cegah Stunting dengan Bunga Turi

26 September 2019, 13: 38: 32 WIB | editor : Adi Nugroho

Cegah Stunting dengan Bunga Turi

Share this          

            Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri ikut mengampanyekan program pencegahan stunting untuk masyarakat Kabupaten Kediri. Dinas Pertanian dan Perkebunan mencanangkan program “Tamasya” (Tanaman Sayur Keluarga) yang mempunyai arti setiap masyarakat disarankan untuk menanam tanaman sayur dan buah di lingkungan rumah.

Salah satu jenis sayur yang direkomendasikan adalah bunga turi. Berdasarkan hasil penelitian, bunga turi mempunyai kandungan vitamin di antaranya energi (44 KKL), protein (1,8 gr), karbohidrat (9,6 mg), kalsium (23 mg), fosfor (29 mg), zat besi (9,6 mg), vitamin A (105 IU), dan vitamin C (41 mg).

Banyaknya kandungan vitamin yang terkandung menjadikan bunga turi mempunyai banyak manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa manfaat dari mengonsumsi bunga turi di antaranya mengobati sariawan, mengobati batuk, hidung berair dan sakit kepala,  menambah dan melancarkan ASI. Serta yang tidak kalah penting adalah dapat pencegahan stunting atau kerdil pada anak.

Budi daya tanaman turi ini tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Kediri. Apalagi syarat tumbuhnya pun sangat mudah. Yakni sesuai dengan ketinggian di wilayah Kediri.

Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan subur serta dapat berbunga tanpa mengenal musim.  Sehingga bunga turi dapat diperoleh dengan mudah serta harga yang sangat terjangkau di pasaran. Biasanya masyarakat menggunakannya sebagai sayuran utama menu nasil pecel atau sebagai campuran pada urap – urap.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia