Senin, 21 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Manisnya Mangga Podang Asli Kediri

26 September 2019, 13: 25: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

Manisnya Mangga Podang Asli Kediri

Share this          

Mangga podang memang memiliki kekhasan bila dibandingkan dengan buah mangga jenis lain baik dari segi rasa ataupun warnanya. Warna kulitnya kuning dengan sedikit bintik merah di dekat pangkal dahannya, membawa daya tarik tersendiri bila dipandang.

Aromanya khas mengundang selera segar apabila didekati. Rasanya manis walau tanpa gula. Benar-benar memenuhi syarat buah unggulan yang layak untuk dijadikan oleh-oleh khas Kediri.

Bagi masyarakat Kediri, menyantap mangga Podang sudah menjadi siklus tahunan setiap musim kemarau. Berbeda dengan jenis tanaman lain yang membutuhkan pasokan air, mangga Podang justru tumbuh lebat di saat terik matahari begitu menyengat. Sebab buah ini tak tahan dengan air hujan. Hujan justru membuatnya busuk dan mati.

Karena keunikannya ini, Pemerintah Kabupaten Kediri telah menetapkan mangga Podang sebagai buah khas daerah yang telah dipamerkan di sejumlah negara. Selain dikonsumsi langsung, buah ini juga lezat diolah menjadi manisan atau rujak buah.

            Mulai Bulan September ini buah mangga podang sudah berbuah. Masyarakat sudah mulai bisa menikmati buah dengan warna yang cantik ini. Wilayah yang banyak menghasilkan mangga Podang adalah Kecamatan Banyakan, Kecamatan Grogol, serta Kecamatan Tarokan. Harganya yang masih terjangkau juga bisa menjadi daya tarik untuk menikmati buah ini.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia