Senin, 21 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Polisi Bekuk Dua Penadah Motor Curian dari Pesantren

19 September 2019, 14: 54: 52 WIB | editor : Adi Nugroho

pencurian motor

BIKIN MALU: Horas Martupang dan Romli, tersangka penadah sepeda motor curian, telah diamankan di Polsek Pesantren, kemarin. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Polisi menangkap dua penadah sepeda motor curian, kemarin. Mereka adalah Horas Martupang, 34, warga Tembokdukuh, Kecamatan Bubutan, Surabaya, dan Romli, 39, asal Glagah, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan. Keduanya ditangkap di rumahnya.

“Tersangka pencurian mengaku menjual sepeda motor curiannya di sekitar Surabaya,” terang Kapolsek Pesantren Kompol Paidi Sadiarto.

Sebelumnya, unit reskrim polsek telah menangkap Slamet Waras, 44, dan anaknya, RR, 16, di rumahnya (16/9). Kedua warga Dusun Joho, Desa Sumberejo, Kecamatan Ngasem ini adalah tersangka pencurian kendaraan bermotor (curanmor).

Paidi mengatakan, kedua penadah dijerat pasal 480 KUHP tentang penadahan. Horas dan Romli membeli motor curian dari Slamet dan RR. Harganya Rp 3,5 juta. Kendaraan tanpa BPKB.

Setelah membeli, Horas dan Romli menjual kembali seharga Rp 4 juta ke pembeli baru. “Pembeli ini masih penyelidikan lebih lanjut,” terangnya.

Pada polisi, Romli mengaku, mengenal Slamet setelah mendapat tawaran motor harga murah dari Horas. Dalam kasus pencurian ini, polisi masih mengembangkan penyelidikan. Sebab tersangka Slamet dan anaknya tak hanya beraksi sekali. “Ada lebih dari tujuh kali di Kabupaten dan Kota Kediri. Sementara di Pesantren, ada dua TKP,” terang Paidi.

Untuk diketahui, aksi Slamet dan RR terkuak setelah keduanya dikenali dari CCTV salah satu sekolah. Keduanya mencuri sepeda motor di Kelurahan Banaran, Kecamatan Pesantren. Dari CCTV diketahui nomor polisi hingga terlacak keberadaan pelakunya. Keduanya dikenai pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Ancaman hukumannya maksimal tujuh tahun penjara.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia