Selasa, 19 Nov 2019
radarkediri
icon featured
Politik

12 Pelamar Bacabup PDI Perjuangan Ikuti Fit and Proper Test

19 September 2019, 14: 45: 54 WIB | editor : Adi Nugroho

Pemilihan Bupati Kediri

Pemilihan Bupati Kediri (radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Mereka yang berniat maju dalam pemilihan bupati (pilbup) melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bakal menjalani masa-masa penting hari ini. Yakni mengikuti tahapan fit and proper test oleh DPP PDIP Jatim.

Para kandidat yang akan mengikuti tahapan ini berjumlah 12 orang. Yaitu mereka yang telah lolos dari seleksi pemberkasan administrasi. Mayoritas dari mereka mengaku siap menghadapi tahapan penting ini. Salah satunya adalah Wakil Bupati Kediri Masykuri Ikhsan.

Sejauh ini, Masykuri terlihat yang paling siap mengikuti proses untuk berebut kursi AG-1 tersebut. “Insya Allah siap lahir dan batin,” tegasnya saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Kediri.

Masykuri merasa yakin karena selama ini dia merasa dekat dengan PDIP. Bahkan, tak hanya dekat, dia juga bagian dari partai. Sebab, selama 10 tahun dia menjadi wabup yang diberangkatkan oleh PDIP. Selama itu pula dia juga telah mengabdi di partai.

Apalagi, Masykuri menegaskan, upayanya mencalonkan diri itu tak terlepas dari keinginannya untuk berjuang demi masyarakat Kabupaten Kediri. Tentu melalui jabatan bupati pada periode selanjutnya.

Disinggung terkait persaingan ketat di partai moncong putih ini, Masykuri menjawab secara diplomatis. Dia mengaku tidak merasa disangi oleh calon-calon yang mendaftar.

“Saya berangkat untuk mengabdi kepada Allah SWT dan berniat untuk melayani umat sebaik baiknya,” ungkapnya.

Karena itu dia yakin bahwa Yang Maha Kuasa-lah yang akan memberikan yang terbaik. “Saya optimistis bahwa DPP PDIP akan melihat kader yang terbaik,” imbuh orang nomor dua di Kabupaten Kediri ini.

Calon yang digadang-gadang menjadi salah satu yang terkuat adalah pasangan Mujahid dan Eko Ediyono. Keduanya juga sepenuhnya siap dalam tahap lanjutan ini. “Untuk kesiapan, Pak Mujahid dan saya siap seratus persen mengikuti fit and proper test,” kata Eko Ediyono.

Terkait para kandidat lain, Eko mengakui bahwa mereka banyak yang berpengalaman di bidangnya masing-masing. Sehingga, menurutnya, kandidat tersebut memiliki keunggulan sendiri-sendiri. “Untuk peluang, tergantung banyak faktor. Dan fit and proper test adalah salah satu faktor yang menentukan,” ujarnya.

Eko menegaskan akan bersungguh-sungguh untuk mengikuti seleksi ini. Seperti yang telah dipersiapkan sebelumnya, yakni telah merancang visi dan misi secara garis besar. Termasuk beberapa komitmen untuk ke depan seandainya ia dan Mujahid terpilih.

Sementara, Sapta Andaruiswara, peserta penjaringan dari akademisi mengungkapkan bahwa lolosnya pemberkasan yang telah dilakukan merupakan modal awalnya. Dan hal itu menunjukkan kesiapannya dalam menghadapi fit and proper test hari ini.

“Dengan mengusung semangat perubahan dan pembaharuan, apabila saya dipercaya diberikan amanah akan saya perjuangkan dalam 5 tahun ke depan harus bisa lebih baik dibanding 20 tahun sebelumnya,” papar mantan Ketua KPUD Kabupaten Kediri ini.

Terkait calon lain, ia mengakui bahwa mereka merupakan calon yang bagus. Namun yang terpenting saat ini semua melakukan sebuah kompetisi yang sehat dan tidak saling menjatuhkan. “Semua saya anggap memiliki peluang yang sama,” ungkapnya.

Untuk diketahui, tahap penjaringan ini bakal diikuti 12 kandidat baik yang mendaftar di DPC PDIP Kabupaten Kediri maupun di DPD PDIP Provinsi Jatim. Mereka adalah Masykuri, Adi Suwono, Habib, Syaifudin, Mujahid, Sapta Andaruiswara, Subani, M. Ridwan, dan Eko Ediyono. Sementara tiga lainnya yang mendaftar di DPD adalah Sukma Sahadewa, Endah Sricahyani Sucipto, dan Marjoko.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia