Kamis, 24 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Hukum & Kriminal

Kasus Casting Palsu: Hanya Bang Jay yang Tersangka

18 September 2019, 18: 52: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

casting film palsu

TUNDUK MALU : Pelaku penipuan casting Roby Sudarsono, saat dipamerkan dalam pers release di Polres Kediri Kota (29/7) lalu (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Polisi akhirnya hanya menetapkan satu tersangka dalam kasus penipuan berkedok casting film yang terjadi di Kediri beberapa waktu lalu. Tersangka itu adalah Roby Sudarsono, 52. Lelaki yang dipanggil dengan nama Bang Jay itu dianggap sebagai otak penipuan.

Sementara, polisi tidak menetapkan kru lain menyusul status seperti yang disematkan pada Bang Jay. Mereka hanya dijadikan saksi oleh para penyidik dari kepolisian.

“Bang Jay ini yang ditetapkan sebagai otak penipuan. Sedangkan kru film tidak mengetahui (adanya) penipuan,” terang Kasubbag Humas Polres Kediri Kota AKP Kamsudi, kemarin.

Kamsudi beralasan, para kru film itu hanya orang bayaran. Mereka bekerja sebagai pengambil gambar, pengedit video, atau para figuran. Mereka tidak tahu-menahu dengan sepak terjang Bang Jay. Bang Jaya sendiri dalam aksinya selalu mengaku sebagai sutradara. Padahal dalam kesehariannya Bang Jaya hanya bantu-bantu di rumah produksi (production house).

Untuk diketahui, Bang Jay melakukan penipuan terhadap 25 orang yang tergiur audisi untuk menjadi artis. Bang Jay mengantongi lebih dari Rp 200 juta hasil dari penipuan tersebut. Modus yang dilakukan, yakni dengan meminta uang dari para korban agar dapat dimasukkan ke dalam sinetron abal-abal dengan judul “Sajadah Cinta”.

Para korban dimintai uang dalam jumlah yang berbeda-beda. Semakin besar uang yang diberikan,  Bang Jay mengatakan akan semakin besar dan lama pula kesempatan para korban tersebut tampil di layar kaca.

Awalnya, Bang Jay melakukan casting kepada beberapa calon korban dengan mencari mereka melalui kelas model di berbagai tempat di Kediri. Setelah itu, ia menawarkan kepada para model untuk menjadi salah satu pemeran sinetron.

Dengan modus menjadi sutradara sinetron fiktif, Bang Jay melakukan penipuan. Kepada para korbannya dia mengaku akan menayangkan sinetronnya di salah satu televisi swasta. Bang Jay meminta para korban untuk membayar sejumlah uang untuk biaya daftar. Setelah itu, ia juga memintai sejumlah uang yang berbeda beda setiap orang untuk biaya operasional saat melakukan shooting.

Hal tersebut dilakukan oleh Jay agar para korban semakin percaya bahwa mereka benar-benar melakukan shooting sinetron. Bahkan Bang Jay mengajak para korban untuk shooting di berbagai tempat di Kediri. Mulai dari Taman Brantas, Kecamatan Puncu, hingga di Kandangan. Agar lebih percaya lagi, Bang Jay juga mendatangkan beberapa artis ibukota saat pengambilan gambar.

Aksi kriminal yang dilakukan Bang Jay ini diketahui dimulai sejak Mei hingga Juli 2019. Akhirnya, Jay diamankan di sebuah rumah kos yang ada di Desa Sonorejo, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Penangkapan itu terjadi Selasa (23/7) yang lalu.

Bang Jay diancam dengan pasal 378 dan 372 KUHP tentang penipuan. Dengan hukuman pidana penjara maksimal selama empat tahun.

Sementara, berkas perkara penipuan berkedok casting itu sudah memasuki tahap satu. Petugas Satreskrim Polres Kediri Kota sudah memberikan berkas milik pria asal Bekasi, Jawa Barat, itu ke Kejaksaan Negeri Kota Kediri.  untuk proses lebih lanjut.

Kamsudi menjelaskan bahwa saat ini berkas penipuan tersebut sudah dalam tahap pelengkapan dari penyidik Polres Kediri Kota. “Masih dilengkapi lagi, sebelum diberikan ke kejaksaan,” ungkapnya.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia