Jumat, 18 Oct 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Gunung Klotok Terbakar

16 September 2019, 17: 38: 44 WIB | editor : Adi Nugroho

klotok terbakar

TERBAKAR : Lereng Gunung Klotok yang masih dilalap si jago merah pada sekitar pukul 20.30 WIB (14/9)/. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

Share this          

KOTA, JP Radar Kediri – Lereng Gunung Klotok terbakar, (14/9). Sekitar 2-4 hektare hutan di lereng tersebut masih diselimuti api hingga pukul 21.25 WIB. Petugas Kepolisian, TNI, Satpol PP, dan Pemadam Kebakaran (PMK) sudah bersiaga di bawah gunung untuk mengantisipasi penyebaran api hingga ke kaki gunung.

          Api tersebut menyebar dari sekitar pukul 17.30 WIB. Hingga kini, penyebab kebakaran masih belum diketahui. “Dari perhutani sudah koordinasi, wilayah gunung masih termasuk ke Kelurahan Pojok, Mojoroto,” terang Kapolsek Banyakan AKP Priyono.

          Petugas Polsek Banyakan bersama dengan Koramil Banyakan sudah bersiap di sekitar Desa Manyaran, Kecamatan Banyakan. Ditemani dengan dua unit pemadam kebakaran yang standby,jika api menyebar karena tidak bisa dipadamkan dari lereng gunung.

          Lokasi lereng gunung, lanjut Priyono, dikelilingi oleh dua desa di Kecamatan Banyakan. Desa Tiron, dan Desa Manyaran. Para petugas dari kepolisian dan TNI sudah berjaga untuk mengantisipasi penyebaran api hingga ke pemukiman warga.

          Priyono juga menjelaskan bahwa pihak Perhutani juga sudah berada di lereng gunung untuk menindaklanjuti kebakaran yang terjadi. “Belum ada update terbaru dari Perhutani yang langsung terjun dan berada di lokasi kebakaran di lereng gunung,” imbuhnya.

          Salah satu warga Dusun Kasihan, Desa Manyaran, Kecamatan Banyakan Narti, 53, menjelaskan bahwa kejadian kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 17.30 WIB. Meski kebakaran terjadi di lereng gunung di Kelurahan Pojok, namun, Narti dapat melihat dengan jelas kebakaran di lereng tersebut. “Ya, kan ada tanah lapang, terus langsung menuju ke lereng gunungnya,” ujar Narti.

          Ia juga menjelaskan bahwa sebelumnya ia melihat api mulai muncul dari bawah, menuju ke atas. Namun ia juga tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran tersebut dari mana dan disebabkan oleh apa.    

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia