Sabtu, 21 Sep 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Info Pilbup Kediri: Nasdem Akui Berkonsultasi dengan Partai Koalisi

10 September 2019, 17: 32: 35 WIB | editor : Adi Nugroho

Peta Koalisi

Peta Koalisi (radarkediri.id)

Share this          

KABUPATEN, JP Radar Kediri - Sinyalemen munculnya partai koalisi dalam Pilbup 2020 makin kencang. Beberapa partai yang disebut masuk dalam koalisi enam partai tersebut mengakui memang melakukan penjajakan untuk berkolaborasi. Terutama untuk mengusung calon dalam pilbup tahun depan.

Salah satu partai yang dikabarkan masuk dalam koalisi ini adalah Partai Nasdem. Antox Prapungka Jaya, politisi partai tersebut, menegaskan partainya siap untuk pilbup tahun depan. Dan, menurut Antox, partainya memang mengusung spirit perubahan.

Hanya saja, Antox tak spesifik menyebut partainya akan masuk pada koalisi mana atau dengan parpol mana saja. Dia beralasan sikap partainya masih dinamis. Yang dilakukan partainya saat ini adalah berdiskusi antarpartai.  

“Tapi nanti akan mengerucut terutama untuk calon bupati yang akan kami usung,” kilahnya.

Masih menurut Antox, usai pelantikan anggota DPRD lalu partainya telah intensif menjalin komunikasi dengan partai lain. Terutama yang akan diajak untuk berkoalisi. Dia beralasan banyak partai yang menginginkan suatu perubahan di Kabupaten Kediri.

Lalu, apakah ada bakal calon bupati yang melamar Partai Nasdem? Politikus yang pernah menjabat ketua fraksi ini mengaku telah ada. Tapi dia buru-buru menyebut tak bisa mengungkapkan saat ini. Yang jelas sudah banyak yang ingin mendaftar sebagai calon bupati melalui partainya.“Tapi tentu ini masih kami tampung dan akan kami bicarakan dengan partai koalisi,” jelas Antox.

Yang jelas, pemilihan nama-nama yang bakal menjadi calon dari partainya harus seusai dengan harapan mereka. Yaitu bersungguh-sungguh untuk membangun Kabupaten Kediri semakin baik.

“Insya Allah mereka yang terbaik dan khususnya bisa mengubah (Kabupaten) Kediri menjadi yang lebih baik lagi,” tegasnya.

Selama ini, Partai Nasdem muncul dalam isu partai koalisi bersama lima parpol pemilik kursi di parlemen. Di media sosial juga banyak muncul foto yang berisi lambang partai-partai yang akan berkoalisi. Seperti lambang Nasdem, PKB, Gerindra, PAN, Demokrat, dan PPP. Gambar yang sama juga sempat tertempel di salah satu mobil yang juga disertai dengan hastag #2020 Kediri Wis Wayahe Ganti.

Bila melihat pada perolehan kursi parpol dalam pemilu legislatif lalu, hanya PDI Perjuangan (PDIP) yang bisa sendirian mengusung calon. Sementara parpol-parpol lain harus berkoalisi bila ingin mengusung kandidat calon bupati.

Seperti diketahui, yang berhak mengusung calon dalam pilbup nanti adalah partai atau gabungan partai dengan perolehan 20 persen suara. Atau, memiliki 10 kursi di DPRD. Dengan syarat itu hanya PDIP yang bisa melenggang sendirian karena memiliki 15 kursi. Sementara partai peraih kursi terbanyak kedua adalah PKB yang ‘hanya’ 9 kursi. Atau butuh 1 kursi lagi untuk bisa mengusung calon. Sementara partai yang lain harus berkoalisi 2 sampai 3 partai. Fakta itulah yang membuat rumor bakal ada enam partai yang membentuk koalisi muncul.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Nasdem Lutfi Mahmudiono juga membenarkan hal tersebut . “Kami sedang membangun koalisi itu. Mewujudkan Kediri baru,” tegas Lutfi.

Hanya saja, pembentukan koalisi enam partai itu masih dalam tahap penjajakan. Beberapa partai yang disebut bakal melakukan koalisi adalah PKB, PAN, Gerindra, Nasdem, dan Partai Demokrat.

Sejauh ini ada beberapa nama yang masuk bursa bakal calon bupati. Sebagian besar sudah mengambil formulir pencalonan dari PDIP. Mereka di antaranya adalah Wabup Masykuri Ikhsan, Kepala Bakesbangpol Mujahid, mantan ketua KPU Sapta Andaruiswara, serta seorang notaris, Habib.

Beberapa nama lagi muncul dari kasak-kusuk di internal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Yaitu Ketua PCNU Kabupaten Kediri Muhammad Ma’mun, anggota DPRD Jatim dari PKB Chussainuddin, seorang pengusaha bernama Samsul Hadi.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia